Gandeng B Shipping, PIS Perkuat Bisnis Angkutan LPG

Jumat, 21 Juni 2024 – 03:15 WIB
PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani perjanjian kerja sama dengan B International Shipping and Logistic DMMC (B Shipping), perusahaan shipping berskala global untuk pembelian dan/atau charter kapal Liquid Petroleum Gas (LPG). Foto dok PIS

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani perjanjian kerja sama dengan B International Shipping and Logistic DMMC (B Shipping), perusahaan shipping berskala global untuk pembelian dan/atau charter kapal Liquid Petroleum Gas (LPG).

Penandatanganan dilakukan di Istanbul, Turkiye, oleh CEO PIS Yoki Firnandi dan CEO B Shipping Emin Imanov.

BACA JUGA: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Kerja sama dua tahun ini mencakup studi kelayakan pembelian kapal dan pengelolaan charter kapal ke BGN, induk usaha B Shipping yang juga perusahaan perdagangan LPG dan komoditas global.

Yoki mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk unlock value atau meningkatkan nilai aset PIS.

BACA JUGA: Jamkrindo Bagikan 1.500 Kupon Hewan Kurban kepada Masyarakat

“Kami mendorong sinergi dengan partner strategis demi meremajakan dan memperkuat armada kami untuk distribusi energi ke seluruh penjuru negeri,” ujar Yoki.

PIS dan BGN sebelumnya telah berkolaborasi dalam pengadaan Very Large Gas Carrier (VLGC) Tulip dan Bergenia pada Januari 2024.

BACA JUGA: IdulAdha 2024, SIG Menyalurkan 331 Hewan Kurban di 23 Provinsi

Melalui kerja sama itu, BGN telah mendukung PIS sebagai pengangkut LPG terbesar di Asia Tenggara.

Saat ini, kerja sama dengan B Shipping dilakukan untuk mengeksplorasi peluang lebih lanjut dan menambah value PIS dalam transportasi LPG.

Salah satu pembahasan meliputi konsep dan model bisnis, termasuk mempertimbangkan akuisisi dan charter kapal, serta manajemen kapal.

Yoki menjelaskan, kerja sama ini sejalan dengan pendekatan investasi strategis PIS pada kapal-kapal baru sambil memaksimalkan keuntungan dari aset yang ada.

Saat ini terdapat 419 VLGC yang beroperasi di seluruh dunia, dengan rata-rata usia kapal 10,08 tahun.

“PIS memiliki tujuh VLGC dengan rata-rata usia 3,42 tahun, memberikan keunggulan operasional yang lebih andal dan memenuhi regulasi terkini. Kami juga menerapkan strategi alokasi armada yang prudent dengan melihat situasi dan harga di pasar, apakah itu owned, leased, atau time charter-out dan mempertahankan praktik investasi tersebut untuk pertumbuhan berkelanjutan," terang dia.

B Shipping adalah anak usaha dari BGN berbasis di Dubai dengan kehadiran di lebih dari 24 lokasi di berbagai negara.

Melalui jasa kelautan, logistik, teknis perkapalan, dan smart solution, B Shipping mengelola aset maritim BGN dan partner lainnya demi mendukung perdagangan energi dan komoditas fisik global BGN.

BGN telah beroperasi di 23 lokasi selama 80 tahun termasuk di Casablanca, Doha, Dubai, Geneva, Rotterdam, Jakarta, dan Singapura.

Yoki optimistis kerja sama ini akan memperkuat posisi PIS di pasar global.

“Penandatanganan perjanjian ini menjadi momentum penting bagi kedua perusahaan untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan,” seru Yoki.

"Saat ini kami telah menjadi mitra dalam bidang shipping, dan saya yakin masih akan banyak lagi di masa yang akan datang. Saya percaya bahwa satu-satunya hal yang dapat membantu kita mencapai tujuan bersama adalah persahabatan dan rasa saling percaya, sehingga saya yakin masih banyak lagi kerja sama di masa yang akan datang," ucap Emin Imanov.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler