Pistol Polisi Dibeli PNS

Kamis, 22 Maret 2012 – 09:38 WIB

SAMPIT - Senjata api (Senpi) jenis pistol revolver anggota Polres Kotim yang hilang, ternyata dibeli PNS Badan Pertanahan Nasional (BPN) Palangka Raya. Karenanya, oknum PNS berinisial IS ini ditetapkan sebagai tersangka, dan ditahan polisi. Namun, tersangka IS belum dimintai keterangan lantaran minta didampingi pengacara.

“Surat pemberitahuan penahanan kita sampaikan ke keluarga,” kata Kapolres Kotim AKBP Andhi Triastanto SIK melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Rohadi SIK, Rabu (21/3). Dengan ditahannya pria umur 33 tahun itu, menambah daftar tersangka, yang sebelumnya ditetapkan Polres Kotim, yakni Syahminan (31), Rudiansyah (35), Muhammad Adi (22), dan Ahmad (25).

PNS berinisial IS ini tinggal di bilangan Sapan  Kota Palangka Raya. Wahyu menjelaskan,  tersangka ditangkap di Palangka Raya, Senin (19/3) lalu. Dari tangan tersangka juga senpi ditemukan dengan peluru yang lengkap, dengan rincian lima butir peluru tajam dan sebuah peluru karet. Dan pada keesokan harinya Selasa, (20/3) ditetapkan sebagai tersangka.

Namun meski sudah ditetapkan sebagai tersangka yang bersangkutan belum bersedia memberi keterangan kepada penyidik dengan alasan menunggu pengacaranya. “Rencananya hari ini (kemarin) penasehat hukumnya datang. Tersangka dikenakan pasal 480 KUHP tentang Penadahan,” jelas Wahyu.

Kasus penjualan senpi ini terungkap dari keterangan seorang saksi berinisial M, yang berperan sebagai perantara penjual senpi dari kawanan pencuri. Dari keterangan M inilah diketahui senpi itu berada di tangan IS. Modusnya, tersangka memesan senpi melalui M via telpon yang kemudian diminta mentransfer uang sebesar Rp3,5 juta ke rekening M. Setelah transaksi selesai dan diberi gambaran (senpi), tersangka mengambil senpinya di tangan M pada Sabtu (17/3).

Awalnya, baik M ataupun tersangka IS tidak mengetahui apabila senpi itu adalah hasil curian. Komplotan Rudi Cs mengaku mendapatkan senpi dari seorang awak kapal. Saksi M menyebutkan tersangka IS ingin membeli senpi untuk koleksi. Tapi ini belum disimpulkan polisi karena tersangka IS belum mau memberikan keterangan. (cah)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Pria Dibekuk Saat Transaksi Sabu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler