Pj Gubernur Kaltim Ajak Masyarakat Membangun Budaya Menanam Sejak Dini

Senin, 14 Oktober 2024 – 12:34 WIB
Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik kembali meyakinkan jika usaha di bidang pangan tak kalah potensial dibanding sektor energi.

Memang kata Akmal, dua sektor usaha yang paling menjanjikan di dunia adalah energi dan pangan.

BACA JUGA: Lakukan Penanaman Pohon di Buffer Zone Tambang, Akmal Malik: Bentuk Sedekah untuk Alam

"Orang masih bisa hidup tanpa listrik. Tapi orang tak bisa hidup tanpa pangan," kata Akmal saat mengikuti kegiatan Memanen Bersama Petani Milenial Greenhouse Yayasan Pendidikan Ummah Balikpapan dan LKSA di Balikpapan di Jalan Batu Ratna, Km 11 RT 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, Minggu (13/10).

Kegiatan Memanen Bersama ini mengusung tema "Menuai Hasil, Lestarikan Bumi Memanen Bersama untuk Masa Depan yang Lebih Hijau".

BACA JUGA: Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Hadiri Pengukuhan 721 Praja Pratama IPDN

Hebatnya, panen di areal greenhouse Yayasan Pendidikan Ummah Balikpapan itu merupakan hasil tanam anak-anak yang ada di berbagai Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Balikpapan.

"Jadi, kalau biasanya kita membantu anak-anak yatim, maka hari ini kita akan menikmati sayuran hasil tanaman anak-anak LKSA," tambah Akmal.

BACA JUGA: Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Diakuinya, sesekali ada yang bertanya. Mengapa seorang Pj Gubernur mengurusi urusan remeh temeh. Akmal menegaskan justru dari hal kecil seperti ini diharapkan terjadi perubahan besar dalam pola pikir masyarakat, yakni tidak melulu hanya berpikir bagaimana menggali batu bara, tetapi juga pandai memanfaatkan potensi sekitar untuk bertani dan berkebun.

Misal, awalnya banyak yang tidak percaya bila anggur bisa ditanam dan sukses tumbuh di Kaltim. Ternyata, UPT Asrama Haji Balikpapan sukses menanam dan panen.

Untuk Yayasan Pendidikan Ummah ini, Akmal mengaku secara khusus mengirim tenaga ahli dalam bidang tanaman dari Bogor untuk melakukan pendampingan.

Dia bersyukur, hasilnya sangat memuaskan. Ini sekaligus membuktikan bila Kaltim memiliki potensi besar dalam pengembangan pangan, meski lokasi greenhouse bukan tanah subur, tapi bebatuan.

“Ini yang selalu saya bilang ke generasi muda di Kaltim. Kita tidak perlu berkotor-kotor berlumpur-lumpur untuk menjadi petani. Terpenting adalah kemauan. Kepercayaan diri untuk menanam ini yang akan terus saya bangun untuk mengubah pola pikir masyarakat Kaltim. Ini momentum untuk membangunkan kesadaran masyarakat,” tegas Akmal.

Akmal juga menjawab keraguan sebagian kecil orang yang menyoal langkah dirinya yang hanya melakukan hal-hal kecil, seperti greenhouse.

“Orang tua saya selalu mengajarkan, jangan bermimpi melakukan hal-hal besar dan hebat, kalau hal-hal kecil saja kamu belum mampu lakukan. Mudah-mudahan dari hal kecil ini, ke depan akan berdampak besar bagi Kalimantan Timur,” harap Akmal.

Pesan penting yang dititipkan Akmal, agar kebiasaan Kaltim membeli bahan pangan dari luar daerah tidak baik dalam jangka panjang. Sebab pada saatnya, sumber daya alam seperti batu bara dan migas akan habis. Kaltim akan menghadapi persoalan besar jika kekuatan fiskal semakin melemah, sementara ketahanan pangan Kaltim tidak terbangun kuat dan mandiri.

Akmal berharap keberhasilan ini akan menjadi contoh bagi sukses besar berikutnya. Dirinya juga akan terus berjuang membangun percaya diri masyarakat untuk menanam.

"Memang saya tidak dapat apa-apa dari sini. Tapi saya dapat kebahagiaan melihat panen dari tanaman anak-anak kita. Mudahan-mudahan, kita semua bisa menuai kebahagian," harap Akmal.

Hasil panen sayur berupa sawi, pakcoy dan kailan merupakan hasil tanaman anak-anak LKSA Balikpapan sekira dua bulan lalu. Akmal menegaskan akan memberi perhatian lebih untuk membantu anak-anak di LKSA-LKSA untuk menanam buah dan sayur, baik menggunakan greenhouse dan lainnya.

Pengurus Yayasan Pendidikan Ummah Balikpapan Andi Ashar sangat bersyukur karena Pj Gubernur Akmal Malik bisa hadir dalam acara panen sore ini.

"Terima kasih, Pak Pj Gubernur yang berkenan hadir untuk menanam dan hari ini ikut juga memanen," kata Andi Ashar.

Hadir dalam kegiatan panen bersama itu Pjs Wali Kota Balikpapan Muzakkir, Ketua Baznas Kaltim H Nabhan dan sejumlah kepala OPD Pemprov Kaltim.

Selain dipersilakan memanen sayur, masyarakat setempat juga dipersilakan untuk memanen buah melon berbagai jenis. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perempuan Mantan Caleg Sebarkan Video Porno


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler