Pj Gubernur Sumsel-Balai Karantina Kolaborasi, Tingkatkan Ekspor Komoditas Pertanian

Kamis, 21 Maret 2024 – 11:59 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melakukan kerja sama dengan Balai Karantina. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melakukan kerja sama dengan Balai Karantina guna meningkatkan kegiatan ekspor dan impor komoditas pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Hal itu diungkapkan saat menerima audiensi dari Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Sumsel Kostan Manalu beserta jajaran di Griya Agung, Palembang, Selasa (19/3/2024).

BACA JUGA: Dongkrak Investasi, Pemprov Sumsel Dukung Pengembangan PT OKI Pulp and Paper

Agus Fatoni menyambut baik keinginan Balai Karantina agar Sumsel segera memiliki pelabuhan laut dalam.

Dia mengaku siap memfasilitasi dalam realisasi pelabuhan tersebut sebagai bentuk dukungan kegiatan masyarakat berbagai sektor.

BACA JUGA: Finalisasi Raperda RTRW, Pemprov Sumsel Gelar Rapat Forum Penataan Ruang

“Kehadiran pelabuhan ini memang akan mendorong kemudahan serta meningkatkan ekspor dan impor produk pertanian, hingga komoditas lainnya dari Sumsel,” ungkapnya.

Pemprov Sumsel telah bersinergi dengan Kementerian Perhubungan RI untuk mempercepat realisasi pembangunan pelabuhan laut dalam, yaitu Pelabuhan Tanjung Carat.

BACA JUGA: Gencarkan GBRSS yang Baru Diluncurkan, Pemprov Sumsel Bakal Benahi 8.391 Unit Rumah

Sejauh ini, aktivitas ekspor impor Provinsi Sumsel memang dilakukan dari wilayah terdekat. 

Fatoni berterima kasih atas perhatian dari pemerintah pusat yang begitu tinggi terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi di Bumi Sriwijaya. 

“Kami siap mendukung percepatan pembangunan pelabuhan di Provinsi Sumsel, mengingat ke depannya dampak yang terjadi akan sangat baik terhadap lalu lintas perdagangan di sana. Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang signifikan juga dipastikan akan terjadi,” ucap Fatoni. 

Kepala Balai Karantina Sumsel Kostan Manalu mengatakan kunjungannya bersama jajaran sekaligus bentuk silaturahmi karena baru bertugas di Provinsi Sumsel. 

“Selain itu juga dalam rangka sinergi dan koordinasi untuk meningkatkan kegiatan ekspor dan impor komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan di Sumsel,” kata Kostan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penanggung Jawab Satuan Pelayanan Bandar Udara SMB II Palembang Komarudin, Ketua Tim Kerja Penegakan Hukum Budi Eko Harmanto dan Ketua Tim Kerja Karantina Hewan Catur Setiawan. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usulan Formasi ASN 2024 Pemprov Sumsel, Tenaga Teknis Paling Banyak


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler