Pj Gubernur Sumsel Lepas 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang

Senin, 13 Mei 2024 – 13:47 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melepas 445 jemaah calon haji (calhaj) ke tanah suci untuk kloter pertama embarkasi Palembang. Foto: dok Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melepas 445 jemaah calon haji (calhaj) ke tanah suci untuk kloter pertama embarkasi Palembang. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (11/5).

BACA JUGA: Polda Sumsel Tangkap Pasutri Pelaku Penipuan terhadap Perajin Emas 

"Kloter pertama yang akan berangkat sebanyak 445 jemaah haji dan lima orang petugas kloter. Ada 19 kloter keberangkatan haji dari Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. Keberangkatan dari 12 Mei hingga 2 Juni 2024,” ujar Fatoni.

Fatoni mengucapkan selamat kepada para jemaah yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT menuju tanah suci. 

BACA JUGA: Polres OKU Distribusikan Sembako Bantuan Kapolda Sumsel untuk Warga Terdampak Banjir

Menurut Fatoni, Ibadah haji, sebagai rukun islam kelima wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi umat muslim yang mampu secara materi, fisik dan mental.

Setelah penantian yang cukup panjang, terlebih saat pandemi Covid-19 yang sempat melanda, akhirnya jemaah akan segera menuju tanah suci.

"Membaur bersama dengan jemaah dari seluruh dunia untuk melakukan rangkaian ibadah wajib maupun sunnah hingga pada saatnya nanti akan melaksanakan puncak haji di Padang Arafah,” kata Fatoni.

Fatoni pun berpesan kepada para jemaah agar tetap fokus menjalankan ibadah haji serta menjaga kesehatan. 

Dia juga mendoakan mereka agar memperoleh haji yang mabrur.

"Saya titip doa untuk daerah kita (Sumsel) ini agar bisa maju, tingkat kemiskinannya menurun, masyarakatnya sejahtera, damai dan sentosa. Juga doakan para pemimpin kita baik yang ada di pusat maupun di daerah,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Armet Dachil mengatakan jemaah calon haji embarkasi Palembang terdiri dari 19 kelompok terbang (kloter). 

Kloter pertama hingga kloter sembilan berangkat di gelombang pertama, sedangkan kloter 10 sampai 19 berangkat di gelombang kedua.

“Jemaah haji gelombang pertama diterbangkan dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang menuju Bandara Madinah, sedangkan jemaah haji gelombang kedua diterbangkan dari Palembang menuju Jeddah,” jelasnya.

Dia menyebut kloter 1 embarkasi Palembang terdiri dari jamaah asal kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. 

Jemaah haji embarkasi Palembang diberangkatkan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan kapasitas 450 seat.

“Kloter pertama embarkasi Palembang dijadwalkan terbang meninggalkan bandara SMB II Palembang pada hari Minggu 12 Mei 2024, pukul 07.40 WIB,” tandasnya.

Hadir dalam pelepasan jemaah haji, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, jajaran Kemenag Sumsel. dan para Kepala OPD Sumsel/mewakili. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Sumsel   Jemaah Haji   haji   Palembang  

Terpopuler