PKB Berpotensi Usung Kiai Marzuki sebagai Lawan Khofifah di Pilgub Jatim

Rabu, 29 Mei 2024 – 23:56 WIB
KH Marzuki Mustamar. Foto: Antara/Humas PWNU Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Halim Iskandar menyebutkan kemungkinan kuat partainya mengusung K.H. Marzuki Mustamar pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2024.

Menurut Halim, saat ini mantan ketua PWNU Jatim itu mulai bertemu masyarakatnya untuk meraup aspirasi.

BACA JUGA: PKB Buka Kemungkinan Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024

“Tentu PKB sebagai parpol sangat senang mendapatkan aspirasi itu. Semua itu ujungnya tentu akan kami kembalikan kepada Kiai Marzuki,” ucap Halim di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Walau begitu, Halim menuturkan bahwa PKB tak memaksakan Kiai Marzuki untuk bergabung dan diusung oleh partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

BACA JUGA: PKB Beri Rekomendasi Eri Cahyadi-Armuji Maju Pilkada Surabaya 2024

“PKB tidak mungkin mengeklaim bahwa Kiai Marzuki bersedia, siap. Kalau PKB-nya siap, aspirasinya siap,” kata dia.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu menegaskan Kiai Marzuki mempunyai potensi besar untuk memimpin Jatim.

BACA JUGA: Masa Kerja DPR Tinggal Lima Bulan, Fraksi PKB Fokus Sukseskan Pengesahan RUU KIA

Meskipun saat ini Khofifah Indar Parawansa merupakan calon kuat di Jatim, KH Marzuki diyakini bisa menjadi lawan tanding ketua umum PP Muslimat NU itu.

Terlebih, popularitas Kiai Marzuki naik saat dipecat dari jabatan ketua PWNU Jatim. Pmecatan itu diduga terkait dengan sikap Kiai Marzuki yang tidak mau mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024..

“Beliau juga tokoh dan ikon NU Jatim yang luar biasa, makin populer setelah mendapat perlakuan-perlakuan yang tidak bagus itu. Setelah diberhentikan oleh PBNU malah makin populer,“ tutur Abdul Halim.(mcr4/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler