PKB dan NasDem Akhirnya Merapat ke Fasha

Kamis, 12 Oktober 2017 – 03:30 WIB
Wali Kota Jambi Sy Fasha saat menyapa warga. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAMBI - Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya menentukan dukungan pada Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi 2018.

Kedua partai ini akhirnya merapat ke calon wali kota petahana Sy Fasha.

BACA JUGA: Beginilah Tanggapan Zumi Zola Soal Duet Fasha-Maulana

Kedua partai ini mengklaim memiliki hubungan baik dengan Fasha yang juga Ketua Harian DPD I Golkar Provinsi Jambi.

Sinyal dukungan itu sebenarnya terlihat sejak awal penjaringan dilakukan. Misalnya PKB yang pernah berjuang bersama Fasha, begitu juga dengan NasDem.

BACA JUGA: Sah, DPP PKB Putuskan Usung Arinal untuk Pilgub Lampung

Jika dua partai ini bergabung, sudah dipastikan Fasha bakal memboyong 34 kursi atau 70 persen kekuatan parlemen. Partai itu yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKPI, PKS, PPP, PBB, NasDem dan PKB.

Hanya saja, Ketua DPW NasDem dikonfrimasi mengatakan jika pihaknya masih menunggu mekanisme partai rampung. Karena semua berkas kandidat termasuk Sy Fasha sudah berada di DPP.

BACA JUGA: PKB Akhirnya Tetapkan Arinal Djunaidi Sebagai Cagub Lampung

“Sekarang masih dalam tahap finalisasi di DPP. Dukungan itu masih berproses, kita tunggu saja,” ujarnya, Selasa (10/10) kemarin.

Agus Roni menyebutkan, pihaknya tidak ingin mendahuli DPP dalam menyampaikan keputusan dukungan. Apalagi, DPP masih merampungkan survey yang sudah dilakukan belum lama ini.

“Surveinya baru selesai. Kita lihat saja keputusan yang diambil DPP,” katanya.

Mengenai nama Sy Fasha, dirinya mengaku semua itu boleh saja berkemabang di masyarakat. Tapi sejatinya keputusan DPP yang nantinya menentukan.

“Kalau sudah berkemabang seperti itu sah-sah saja. Namanya juga politik, yang jelas kita menungu dari DPP,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda, PKB yang masih menunggu tahapan penjaringan selesai dilakukan DPP. Karena pihaknya masih ingin melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk semua calon kepala daerah.

“Kita masih melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Kemarin sempat tertuda, maka kita jadwalkan ulang,” kata Sofyan Ali, Ketua DPW PKB Provinsi Jambi.

Politisi muda yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi ini enggan berkometar jauh terkait siapa yang akan diusung. Tapi yang pasti, PKB ingin mengambil peran penting di Pilkada, terutama Pilwako Jambi.

“Kalau tahapannya selesai baru bisa kita ketahui arahnya. Yang jelas kita akan mengambil peran di Kota Jambi,” sebutnya.

Namun demikian, Sofyan Ali menegaskan semua calon masih berpeluang medapatkan dukungan partainya. Untuk itu pihaknya menargetkan agar dukungan PKB bisa rampung dalam waktu dekat ini. “Semua masih berpeluang. Kalau sudah ada ada SKnya dari DPP maka akan umumkan,” pungkasnya. (aiz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Usung Maulana Dampingi Fasha di Pilwako Jambi


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler