PKB Kantongi Lima Nama Bakal Cagub

Kamis, 08 Juni 2017 – 00:22 WIB
PKB. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah bergerak mencari tokoh yang akan diusung dalam Pilgub Lampung 2018.

Namun, partai dengan kekuatan 7 kursi di DPRD Lampung ini dipastikan tak melakukan penjaringan terbuka.

BACA JUGA: PKB Jajaki Koalisi Demi Usung Marwan di Pilkada Jateng 2018

Sekretaris DPW PKB Lampung Oktarijaya mengatakan, hasil rapat pleno DPW PKB bersama seluruh DPC PKB se-Lampung pertengahan April lalu memutuskan PKB tak menggelar penjaringan terbuka.

”Kami sudah menggelar rapat pleno bersama dengan seluruh DPC PKB sekitar dua minggu lalu sebelum puasa. Diputuskan tak akan digelar penjaringan terbuka untuk cagub,” ungkapnya seperti diberitakan Radar Lampung (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Indonesia Perlu Aktif Menengahi Konflik Timur Tengah

Menurut Okta—sapaan akrabnya, dalam pleno tersebut juga diinstruksikan kepada semua DPC PKB untuk melakukan pengamatan, pencermatan terhadap cagub yang muncul saat ini. Nantinya, nama-nama tersebutlah yang akan dibidik oleh PKB untuk diusung.

”Dalam pleno juga mengintsruksikan agar DPC mengamati dan mencermati kandidat cagub yang muncul. Nantinya mereka akan kita bidik untuk diusulkan ke DPP,” tandasnya.

BACA JUGA: PKB: Bisa Gus Ipul-Risma, Gus Ipul-Anas, atau...

Terkait siapa saja nama kandidat bakal cagub yang berkembang dan dibidik PKB, Okta menyatakan setidaknya ada lima nama yang sejauh ini sudah menyatakan siap untuk maju pilgub.

”Kalau secara intens komunikasi ke DPW PKB sebenarnya belum lah. Tetapi, dari nama yang berkembang, ada lima nama yang sudah declare maju ya itu yang masuk bidikan kami. Seperti Ridho Ficardo, Mustafa, Herman H.N., M. Alzier Dianis T, dan Arinal Djunaidi. Tetapi nantinya, hasil pencermatan kami bahas dalam rapat pleno diperluas dengan seluruh DPC. Baru diusulkan nama yang muncul ke DPP,” ucapnya.

Senada, Ketua Fraksi PKB DPRD Lampung Hidir Ibrahim mengatakan, PKB pada pilgub tahun depan dipastikan tak akan melakukan penjaringan terbuka. Meski bukan tradisi PKB, namun hal itu dilakukan mengingat situasi politik Lampung terkini.

”Memang bukan menjadi tradisi kami untuk tidak menggelar penjaringan terbuka. Sebab, dulu kita juga pernah membuka penjaringan cagub terbuka. Tetapi, mengingat situasi politik Lampung maka pada pilgub kali ini kita tidak menggelar penjaringan terbuka,” ungkapnya, kemarin.

Menurut ketua GP Anshor Lampung itu, mekanismenya nantinya DPW akan mengusulkan beberapa nama ke DPP PKB. Nantinya DPP yang akan memutuskan.

”Jadi siapa saja nanti yang akan diusulkan, apakah kader atau non kader nanti akan dibahas bersama DPC. Setelah itu diserahkan ke DPP. Yang pasti, sebelum pendaftaran calon di KPU, PKB dipastikan sudah punya calon yang akan diusung,” tandasnya.

Diketahui, tujuh kursi PKB bakal menjadi penentu kandidat maju pilgub. Sebab, hanya PDI Perjuangan dengan 17 kursi yang bisa mengusung calon di pilgub tahun depan. (gus/c1/gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah 12 Nama Dianggap Layak jadi Cagub


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pilgub lampung   PKB   Cagub  

Terpopuler