PKB Mulai Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Cakada se-Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 – 23:59 WIB
Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun A Syamsurijal menyebutkan pihaknya melanjutkan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada), Senin (13/5). Foto: Tim Media PKB

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melanjutkan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada), Senin (13/5).

Para Bacakada yang telah mendaftar harus memaparkan visi misinya dalam UKK tersebut.

BACA JUGA: Serius Maju Pilkada Seram Bagian Timur, Tokoh Muda Ini Hadiri Acara Taaruf Bacakada PKB

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PKB Cucun A Syamsurijal menyatakan, UKK dilaksanakan sebagaimana arahan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

"Kami sudah mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan Bacakada mulai minggu lalu. Ini semua sesuai arahan Ketum Gus Muhaimin, bagaimana kami bisa mencari sosok calon pemimpin yang betul-betul layak," kata Cucun saat ditemui di kantor DPP PKB, Senin (14/5).

BACA JUGA: PKB Belum Menentukan Sikap pada Prabowo, Cak Imin Lakukan Ini

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu menjelaskan UKK digelar sebagai salah satu sarana untuk menguji pengetahuan dan juga pengalaman Bacakada sebelum berlaga di Pilkada 2024.

Dia menegaskan bahwa seluruh Bacakada yang mendaftar di PKB dipastikan akan mengikuti UKK.

BACA JUGA: Pilkada Temanggung, Tak Ada yang Minat Lewat Jalur Perseorangan

"Semuanya kami beri peluang dan kesempatan memaparkan visi misi. Makin baik visi misinya, pengetahuannya, pengalamannya, tentu makin besar diusung PKB nanti," lanjutnya.

Cucun menambahkan tercatat sudah ada 40 Bacakada yang sudah diuji oleh jajaran pengurus DPP PKB sejak dibuka minggu lalu, bahkan banyak di antara mereka bukan kader PKB.

"Sudah 40-an Bacakada yang kami uji, mulai dari Bacakada Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Dan bukan cuma kader (PKB) ya, malah banyak di antaranya itu adalah tokoh-tokoh dari luar PKB," tegas Cucun.

Dia juga menjelaskan hal itu menjadi bukti jika PKB memang punya magnet politik yang menjanjikan dan optimis PKB bisa meraih kemenangan di Pilkada 2024.

"Kalau dilihat dari yang sudah mendaftar, ini menjadi bukti kalau PKB memang menarik di mata Bacakada. Apalagi di Pemilu lalu suara PKB naik cukup signifikan. Kami menjadi makin optimis PKB akan menang," pungkas Cucun.

Sejumlah Bacakada yang sudah mengikuti UKK di PKB antara lain Hengki Irawan - Bakal Calon Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Hj. Rini Syarifah - Bakal Calon Bupati Blitar, H. Warsubi, S.H., M.Si. - Bakal Calon Bupati Jombang, Dr. Ir. Raden Bagus Fattah Jasin, M.S. - Bakal Calon Bupati Pamekasan.

Selain itu, Louise Lucky Taolin, S.Sos - Bakal Calon Bupati Malaka, Yohanis Uly Kale - Bakal Calon Bupati Sabu Raijua, Drz Simoen Thobias Pally - Bakal Calon Bupati Alor, Drs. Niga Dapa Wole - Bakal Calon Bupati Sumba Barat, serta H. Syafrudin Noor, SE., S.Sos. - Bakal Calon Bupati Hulu Sungai Selatan. (mcr8/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PKB   pilkada   Pilkada 2024   bacakada  

Terpopuler