PKS Dukung Gus Ipul, PAN Mengarah ke Khofifah

Rabu, 10 Januari 2018 – 06:24 WIB
PKS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - PKS resmi mendeklarasikan dukungan kepada Saifullah Yusuf, Selasa (9/1) malam.

Sedangkan PAN dikabarkan segera melabuhkan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

BACA JUGA: PKB Yakin Banget PDIP Segera Punya Pengganti Azwar Anas

Dengan demikian, Koalisi Partai Gerindra, PAN, dan PKS di Pilgub Jatim 2018 akhirnya benar-benar bubar.

Dukungan PKS kepada Saifullah Yusuf dideklarasikan di kantor DPW PKS Jatim, Surabaya, tadi malam.

BACA JUGA: Ini Ciri-Ciri Pengganti Azwar Anas di Pilgub Jatim

Deklarasi itu diikuti para petinggi PKS yang dipimpin ketuanya, Arif Hari Setiawan. Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, juga hadir dalam acara itu.

Arif menyatakan, pihaknya bakal langsung mengajukan usul tersebut ke DPP. Dia memastikan bahwa dukungan itu sudah final. ”Sebab, deklarasi ini juga atas supervisi DPP,” katanya.

BACA JUGA: Cari Pengganti Azwar Anas, PDIP Butuh Isyarat dari Langit

Dia menegaskan, DPP PKS memberikan kesempatan kepada DPW untuk membuat usul resmi. Atas dasar usul itulah DPP menulis rekomendasi resmi kepada Gus Ipul.

Keputusan PKS, tegas Arif, bukan pilihan instan. Proses komunikasi dan lobi panjang sudah mereka jalani. ”Komunikasi sudah kami bangun sejak 2016,” ucapnya.

Komunikasi tersebut, imbuh Arif, dilakukan atas dasar permintaan para ulama di Jatim. Hanya, karena penjajakan koalisi harus dilakukan, PKS memberikan kesempatan kepada Saifullah Yusuf untuk berkomunikasi dengan parpol-parpol lain.

Sementara itu, Saifullah Yusuf juga mengatakan bahwa komunikasi politik dengan PKS sudah berlangsung panjang.

Bahkan, dia sudah diajak bertemu langsung dengan jajaran DPD PKS kabupaten/kota di Jatim. ”Kami juga tak hanya bicara koalisi, tapi juga konsep ke depan,” ujarnya.

Menurut Saifullah, PKS menyerahkan sepenuhnya pencalonan kepada pasangan calon dan koalisi. Termasuk siapa nama bakal calon wakil gubernur (bacawagub)-nya.

Namun, hingga tadi malam Gus Ipul masih bungkam soal kandidat pendampingnya. Dia hanya menyebutkan, saat ini PDIP sebagai parpol koalisi sudah menyiapkan beberapa nama. ”Sudah saya serahkan sepenuhnya kepada partai,” katanya.

Yang jelas, ucap Gus Ipul, nama-nama bacawagub PDIP adalah sosok yang memiliki kemampuan dan prestasi.

”Insya Allah besok (hari ini, Red) akan diumumkan. Hari ini (kemarin, Red) saya ke Jakarta,” ujarnya.

Sikap PKS yang mendukung Gus Ipul langsung meruntuhkan poros Jatim Emas yang sempat dibangun bersama Gerindra dan PAN.

Sebenarnya poros ketiga masih bisa terbentuk tanpa PKS. Sebab, gabungan kursi Gerindra dan PAN sudah cukup untuk mengusung paslon sendiri. Di DPRD Jatim, Gerindra memiliki 13 kursi dan PAN 7 kursi.

Namun, PAN dikabarkan bakal mendukung pasangan Khofifah-Emil. Sumber-sumber Jawa Pos di PAN mengatakan bahwa dukungan tersebut sudah resmi.

Rencananya, pukul 22.00 tadi malam dukungan itu disampaikan. Namun, hingga pukul 22.30 tadi malam, para pengurus DPP PAN mendadak sulit dihubungi.

Para pengurus DPP dikabarkan sedang melakukan lobi-lobi politik dengan Gus Ipul, PKB, dan Gerindra.

Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun membenarkan bahwa pembicaraan masih berlangsung. Partainya menunggu detik-detik terakhir untuk mengambil keputusan. ”Ini kami masih pertemuan dengan Gerindra, belum selesai,” ujarnya ketika dihubungi Jawa Pos tadi malam.

Sementara itu, pagi ini Khofifah-Emil akan mendaftar ke KPU Jatim. Para petinggi partai pengusung di tingkat Jatim akan mendampingi, termasuk Soekarwo yang merupakan ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Apakah PAN akan ikut dalam barisan tersebut dan hadir di KPU Jatim pagi ini?

Agus belum memberikan jawaban pasti. Dia bahkan menampik soal kepastian bahwa Khofifah sudah mendapat dukungan dari partainya.

”Belum pasti, lha makanya ini masih dirapatkan. Hasilnya ditunggu saja sampai last minute,” tuturnya. (ris/bay/deb/oni)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilgub Jatim: PKB Beri Batas Waktu PDIP Sampai Hari Ini


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler