PKS Pilih Dirut PT Perkebunan Jadi Cawagubsu

Rabu, 13 Juli 2016 – 03:03 WIB
Pilkada. Ilustrasi dok.JPNN.com

jpnn.com - MEDAN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya menetapkan pilihan yang akan diusung pada pilkada serentak pada 2017 mendatang.

Dia adalah Direktur Utama (Dirut) PT Perkebunan Sumut, Darwin Nasution yang akan diusung sebagai calon Wakil Gubernur Sumut (Cawagubsu).

BACA JUGA: PDIP Riau Tinggal Tunggu Rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat

PKS sudah mulai mengkomunikasikan pilihan mereka dari hasil penjaringan mereka tersebut ke beberapa partai pengusung lain seperti Patriot dan PKNU.

"Hasil komunimasi terakhir,PKS mengusulkan nama Dirut PT Perkebunan, Darwin Nasution menjadi cawagubsu," ujar Ketua PKNU Sumut, Ikhyar Velyati Harahap, kepada Sumut Pos (Jawa Pos Group), Selasa (12/7).

BACA JUGA: Tensi Tinggi, Dodi-BBS Berpeluang Besar Cerai

Pada pertemuan itu, kata Ikhyar, PKS mengaku menjaring tiga nama diantaranya Ivan Batubara (Ketua Kadin Sumut), Darwin Nasution (Dirut PT Perkebunan Sumut), Fahrul Harahap (Mantan Kadispenda Sumut).

"Dari tiga nama itu yang dipilih PKS Darwin Nasution," bilangnya.

BACA JUGA: Golkar Ajukan Lima Nama ke DPP

Setiap partai pengusung berhak mengusulkan cawagubsu. Karena, usulan Hanura, PKS dan Patriot bersalah dari kalangan eksternal atau profesional. Maka pihaknya akan mengusulkan satu nama yang berasal dari internal partai politik.

Seluruh nama yang muncul, diakuinya harus tetap melalui mekanisme penjaringan diinternal parpol pengusung yang sudah disepakati para pertemuan sebelumnya.

"Ketika dua nama yang diusulkan berasal dari kalangan eksternal, maka ada kesan partai mudah dibeli oleh orang yang punya uang. Jadi akan muncul stigma bahwa tidak penting masuk partai politik ketika ingin menjadi penguasa, itu sudah keliru. Karena parpol memang disiapkan untuk menjaring para calon penguasa," paparnya.

Berdasarkan UU No 8/2015, hanya dua nama yang bisa dikirimkan oleh partai pengusung ke DPRD Sumut untuk dipilih. "Di dewan sudah ada pansus, mungkin dua nama yang diusulkan partai pengusung akan diverifikasi administrasi lebih dahulu oleh pansus. Misalkan soal persyaratan pendidikan terakhir, soal dukungan partai pengusung, bisa saja pansus bekerja sama dengan KPU nantinya,"jelasnya.

Secara pribadi, Ikhyar berharap agar proses pemilihan cawagubsu melalui mekanisme voting secara terbuka. "Ketika prosesnya terbuka maka akan lebih transparan, sehingga tidak ada oknum anggota dewan yang bermain,"urainya.

Menurutnya, pimpinan partai politik juga tidak bisa melakukan intervensi kepada anggotaa dewan dalam proses pemilihan cawagubsu. "Ini sudah menjadi hak masing-masing anggota dewan,"terangnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Zulfikar tidak membantah bahwa pihaknya disebut telah memilih Darwin Nasution menjadi salah satu kandidat cawagubsu.

"Aduh, saya tidak diberikan amanah untuk menyampaikan hasil keputusan partai,"kata Zulfikar ketika dihubungi terpisah.

Zulfikar mengaku pada waktunya nama cawagubsu asal PKS akan diumumkan kepada publik. "Yang berhak menyampaikan itu ketua partai,"tukasnya.(dik/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dirjen Polpum: Sedini Mungkin Petakan Potensi Gangguan Pilkada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler