PKS Usung Sohibul Iman Sebagai Bacagub DKI, Pengamat: Siapa yang Kenal?

Senin, 24 Juni 2024 – 13:47 WIB
Pengamat politik Ray Rangkuti. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menanggapi soal Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman yang diusung oleh DPP PKS sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Menurut Ray, kemampuan PKS saat ini seharusnya masih di taraf mengusung bakal calon wakil gubernur.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Jegal Anies Maju Pilkada DKI? Ketum Solmet Bilang Begini

Alasannya, meski punya suara yang cukup signifikan di legislatif, tetapi itu tidak berkorelasi dengan kemampuan PKS mengakumulasi suara di pilkada.

“Memang mereka solid secara partai, tapi enggak cukup kalau tokoh mereka dihadap-hadapkan dengan figur seperti Anies, Ahok, atau Ridwan Kamil,” ucap Ray saat dihubungi, Senin (24/6).

BACA JUGA: Peluang Ridwan Kamil Menang di Pilkada DKI Kecil Terutama Jika Anies Maju

Yang paling realistis, kata dia, PKS mendapatkan posisi sebagai bacagub. Ray pun membandingkan PKS dengan PDIP yang memiliki banyak tokoh yang lebih terkenal.

“Apalagi Sohibul Iman, itu dia figur baru di Jakarta. Paling hebat hanya dapat menarik warga PKS sendiri, di luar PKS mungkin akan kesulitan,” tuturnya.

BACA JUGA: PAN Tetap Mendorong Zita Anjani di Pilkada DKI, Sudah Ada Tawaran

Direktur Eksekutif Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) itu bahkan lebih setuju bila PKS mengusung Mardani Ali Sera. Mardani sendiri mendapat banyak suara di dapil DKI Jakarta saat pilkada lalu.

“Sohibul ini siapa yang kenal? Mohon maaf, di Jakarta butuh kerja keras PKS untuk mempopulerkannya. Saya enggak terlalu yakin mereka punya jalan pintas,” kata dia.

Sebelumnya, DPP PKS mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan mengusulkan kader terbaiknya sebagai Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta.

“Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6). (mcr4/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler