PLN Indonesia Power Raih 8 Penghargaan di Ajang Subroto Award 2024

Rabu, 16 Oktober 2024 – 20:33 WIB
PT PLN Indonesia Power. Foto dok PLN IP

jpnn.com, JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP) mendapat apresiasi khusus dari Pemerintah dengan diraihnya beragam Penghargaan Subroto Award 2024.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan Kementerian ESDM telah mendorong inovasi dan berbagai inisiatif yang membuat sektor energi Indonesia semakin maju.

BACA JUGA: Karya Engineer PLN IP Kembali Dilirik Perusahaan Energi Thailand

Selain itu, sektor ini sangat strategis serta memiliki potensi dan multiplier effect yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

"Nilai tambah di sektor ESDM ini sangat penting sekali, karena nilainya sangat besar, nilai tambah harus ada di dalam negeri, added value harus ada di dalam negeri," kata Jokowi, saat menghadiri Penghargaan Tertinggi Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp1 Miliar kepada ITS untuk Pengembangan Pendidikan & Startup

Sementara itu, Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan PLN Indonesia Power menjawab beragam tuntutan tersebut dengan berbagai program inovatif dan penerapan teknologi canggih dalam menekan emisi karbon pada sektor kelistrikan guna mendukung transisi energi untuk mencapai target NZE pada 2060.

"PLN Indonesia Power terus melakukan inovasi untuk mewujudkan komitmen percepatan transisi energi untuk mendukung Pemerintah dalam mencapai target NZE pada 2060," tutur Edwin.

BACA JUGA: Optimalkan Energi Panas Bumi Tanah Air, PLN IP Bersinergi dengan PGE

Atas upaya yang telah dilakukan untuk mendukung transisi energi dan mencapai target NZE pada 2060, PLN Indonesia Power kembali mencatat prestasi gemilang dengan memenangkan delapan penghargaan Subroto Award 2024, sebagai Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diberikan atas kontribusi PLN Indonesia Power.

"Penghargaan ini adalah bukti komitmen kami untuk terus mendukung transisi energi dan inovasi di sektor energi baru terbarukan. PLN Indonesia Power bertekad untuk mengembangkan teknologi pembangkitan yang ramah lingkungan serta memperkuat penerapan energi terbarukan," ujar Edwin.

Adapun Penghargaan Subroto Award 2024 yang diraih unit PLN Indonesia Power terdiri dari beberapa kategori, di antaranya :

  • Kategori Keselamatan Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan diraih oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 1-2-3, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tanjung Priok, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ir. PM Noor.
  • Kategori Kontribusi Pengurangan Emisi diraih oleh PLN IP - Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Banten 3 Lontar, PLN IP - UBP Grati dan PLN IP - UBP Pelabuhan Ratu.
  • Kategori Pelaporan SMK2 bidang Pembangkit diraih PLTGU Tambak Lorok

"Penghargaan Subroto 2024 tidak hanya menjadi pengakuan atas kontribusi perusahaan dalam sektor energi, tetapi juga mendorong PLN Indonesia Power untuk terus berinovasi dan memimpin dalam transisi energi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, berkomitmen untuk menyediakan energi yang bersih, terjangkau, dan berkelanjutan," serunya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler