PLN Jamin Serap Produk Lokal

Kamis, 24 Oktober 2013 – 08:29 WIB

jpnn.com - SURABAYA - PT PLN (persero) memberikan jaminan penyerapan produk bagi investor yang bergerak di sektor kelistrikan. Itu sejalan dengan upaya perseroan ingin meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Diyakini, langkah itu dapat meningkatkan ketahanan pasokan peralatan kelistrikan dalam jangka panjang.

Dirut PT PLN (persero) Nur Pamudji mengatakan investasi di sektor kelistrikan terus meningkat tiap tahun. Tahun lalu, total investasi di sektor tersebut baik oleh PLN maupun swasta mencapai Rp 50 triliun. Tahun ini ada indikasi terjadi peningkatan signifikan.

BACA JUGA: Bank Syariah Mandiri Dibobol Kredit Fiktif

"Sebab, investasi terus bertambah sejalan dengan pertumbuhan ekonomi bangsa. Tentu jumlah pembangkit baru akan bertambah, maka akan sayang sekali kalau ini tidak berimbas pada perekonomian nasional," katanya saat acara Pameran Kelistrikan Indonesia kemarin (23/10).

Oleh karena itu, pihaknya mendorong sektor kelistrikan memanfaatkan produk dalam negeri. Tidak hanya jaminan dukungan dari sisi regulasi, tapi penyerapan produk. Nur mencontohkan, seperti produk transformator (trafo) masih ada yang menggunakan produk impor. Padahal di indonesia ada tiga perusahaan trafo tegangan tinggi, salah satunya di jatim.

BACA JUGA: IHSG Masih Sideways

"Nah PLN akan memberi jalan agar barang itu bisa digunakan. Jangan gunakan trafo impor, tapi dalam negeri," kata dia.

Nur mengatakan, ia berani menjamin bakal menyerap produk yang dibuat di dalam negeri karena sudah ada perhitungan kebutuhan dalam jangka panjang. Bahkan, PLN membentuk divisi supply chain yang secara khusus untuk menangani pengadaan peralatan listrik.

BACA JUGA: Bangun 2 Ribu Rumah di Afsel, Libatkan 2 Ribu Pekerja Indonesia

Tugas divisi itu tidak hanya beli peralatan, tapi menjaga ketahanan pasokan peralatan secara jangka panjang. "Tentu dari sisi pabrik diuntungkan karena produksi ada jaminan. Bahkan, memungkinkan untuk memikirkan agar produk itu diproduksi secara ekonomis," tandas dia.

PLN juga menyambut baik rencana Iran yang ingin menjajaki kerja sama dengan perusahaan di Indonesia. Apalagi, Iran memiliki kemampuan tinggi di bidang tenaga listrik. Selama ini produk yang dihasilkan untuk skala besar.

"Saat ini mereka masih menjajaki kerja sama dengan perusahaan lokal agar sebagian bisa diproduksi di indonesia. Iran menyatakan minatnya di turbin gas," urainya. (res)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asuransi Sasar Kelas Menengah Atas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler