Plt Sekjen MPR Siti Fauziah Lantik 4 Kepala Biro dan 14 PPPK, Simak Pesannya

Rabu, 05 Juni 2024 – 20:23 WIB
Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah saat menyampaikan sambutan setelah melantik 4 kepala biro dan 14 PPPK di lingkup Setjen MPR yang berlangsung di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah melantik dan mengambil sumpah/janji empat pejabat tinggi pratama dan 14 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkup Sekretariat Jenderal MPR, Rabu (5/6).

Keempat pejabat yang dilantik tersebut, yakni Herry Putra (Kepala Biro Umum), Agus Subagyo (Kepala Biro Sekretariat Pimpinan), Anies Mayangsari Muninggar (Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi), dan Wachid Nugroho (Kepala Biro Persidangan dan Pemasyarakatan Konstitusi).

BACA JUGA: Plt Sekjen MPR Siti Fauziah Tekankan Pentingnya Rekonsiliasi Nilai Pancasila Usai Pemilu

Siti Fauziah dalam sambutannya menyampaikan pelantikan para kepala biro ini merupakan hasil seleksi terbuka yang cukup panjang.

Mulai dari seleksi administrasi, tes kompetensi, pembuatan makalah, wawancara, penilaian rekam jejak, melakukan medical check up, dan terakhir mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas hasil seleksi yang dilakukan Panitia Seleksi.

BACA JUGA: Evaluasi Kinerja 2023, Siti Fauziah Sampaikan Pesan Penting Ini Kepada Pegawai Setjen MPR

Dia mengungkapkan dari laporan yang disampaikan Panitia Seleksi, seluruh calon memiliki kompetensi yang baik, dan seluruhnya layak menduduki jabatan sebagai kepala biro.

"Sayangnya jabatan yang tersedia jumlahnya terbatas sehingga saya harus memilih masing-masing satu orang untuk mengisi kekosongan jabatan kepala biro dari sekian banyak calon yang baik-baik tersebut,” ungkap Siti Fauziah.

BACA JUGA: Apakah Ini Pertanda Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK 2024 Segera Dibuka? Semoga

Kepada keempat kepala biro dan 14 PPPK yang dilantik, Siti Fauziah berpesan agar senantiasa menjunjung tinggi kejujuran, integritas, profesionalitas, loyalitas, dan komitmen terhadap kepercayaan, tugas dan tanggung jawab.

“Sengaja saya menempatkan nilai kejujuran pada urutan pertama, diikuti oleh integritas, dan seterusnya, karena saya ingin mengajak untuk selalu menjunjung tinggi kejujuran sebagai nilai organisasi yang paling pertama dan utama,” terangnya.

Dia menegaskan kejujuran adalah aspek moral kehidupan yang harus dipegang teguh.

Sebab, sikap jujur akan melahirkan kepercayaan, dan integritas muncul dari sebuah kejujuran ketika bekerja.

"Kejujuran dan integritas adalah dua hal yang sangat penting dan diperlukan. Bisa dikatakan keduanya adalah modal utama untuk meraih keberhasilan,” tegasnya.

Siti Fauziah juga mengingatkan kepada empat pejabat yang dilantik untuk langsung siap bekerja mempersiapkan agenda dalam waktu dekat, yaitu agenda rangkaian sidang yang diselenggarakan tahun 2024.

Mulai dari Sidang Tahunan MPR, Sidang Paripurna MPR Akhir Masa Jabatan, Sidang Paripurna MPR Pelantikan Anggota MPR periode 2024 – 2029, serta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilihan Umum 2024.

Wanita yang akrab disapa Ibu Titi menyampaikan pada rapat gabungan pimpinan MPR dengan pimpinan fraksi dan kelompok DPD pada 30 Mei 2024 lalu telah disepakati beberapa hal.

"Antara lain Rancangan Tata Tertib MPR yang telah disusun oleh Badan Pengkajian MPR perlu dilakukan penyesuaian terhadap wewenang dan tugas MPR dalam UU MD3 dan akan dibahas serta diambil persetujuan untuk ditetapkan dalam Sidang Paripurna MPR Akhir Masa Jabatan,” terangnya.

Siti Fauziah juga meminta kepada empat pejabat yang dilantik untuk menyiapkan berbagai panduan sidang untuk persidangan dan rapat-rapat MPR, menyusun laporan kinerja MPR tahun 2023 – 2024, dan laporan kinerja MPR selama lima tahun masa keanggotaan, yaitu tahun 2019 – 2024.

Sebagai informasi, acara pelantikan juga dihadiri Deputi Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Konstitusi Hentoro Cahyono, para Kepala Biro dan Inspektorat, serta Kabag di lingkungan Setjen MPR. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler