PNS Jangan Ada yang Maling Lagi

Jumat, 02 Maret 2012 – 19:17 WIB

JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi mengingatkan seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) bahwa kepercayaan masyarakat terhadap PNS sebagai pelayan masyarakat akan terus merosot jika terus-terusan ada kasus semacam Gayus Tambunan dan Dhana Widyatmika Merthana.

Menurut Gamawan, kepercayaan masyarakat cepat tergerus jika kasus penyelewengan yang dilakukan oknum PNS terus menjadi bahan pemberitaan media massa. Tapi, Gamawan tidak menyalahkan media massa. Justru, para PNS yang diminta untuk melakukan instrospeksi diri.

"Sekarang trust pada PNS berapa persen. Semua PNS harus instrospeksi," ujar Gamawan kepada wartawan usai acara Forum Fasilitasi Daerah Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Bangsa, yang digelar di Jakarta, Jumat (2/3).

Menurutnya, dulu tingkat kepercayaan publik kepada PNS sangat baik. Namun, dia menduga, kemungkinannya juga karena dulu tidak ada media massa yang berani memberitakan. Sekarang, karena diberitakan terus, trust publik makin menurun.

"Diberitakan, lama-lama tergerus. Tapi saya tak menyalahkan pers. PNS harus membenahi diri, jangan maling lagi, tak menyalahkan orang lain. Mungkin banyak DW (Dhana Widyatmika, red)," kata Gamawan.

Dia juga berpesan agar para pimpinan daerah tidak sembarangan menempatkan PNS pada jabatannya. Ini untuk menciptakan profesionalitas pegawai.

"Jangan meletakkan aparatur suka-suka. Sarjana agama jadi Kadis PU karena kedekatan," ucapnya. (sam/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Isi Rekening Dhana Hanya Puluhan Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler