Podcast Ancur Cari Podcaster Baru Lewat Ajang Ini

Kamis, 05 September 2024 – 20:12 WIB
Konferensi pers Podcast Hunt 2024 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/9). Foto: Firda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Podcast Ancur yang beranggotakan Randhika Jamil, Patra Gumala, dan Diaz Danar menginisiasi untuk mengadakan acara pencarian bakat bernama Podcast Hunt 2024.

Podcast Hunt 2024 merupakan pencarian bakat podcaster berbakat.

BACA JUGA: Apple Podcasts Kini Tersedia di Semua Peramban Utama

Patra Gumala mengatakan, ide untuk membuat acara pencarian bakat ini sudah tercetus sejak dua tahun lalu, tetapi sempat tertunda.

Dia lantas mengungkapkan awal mula tercetusnya ide tersebut.

BACA JUGA: Gerak 98 Adakan Podcast 33 Jam Menjaga Demokrasi

"Ide awalnya sudah lama ya, sudah dua tahun lalu. Kita sering ditag sama podcast banyak banget, mereka minta didengar," ujar Patra Gumala di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

"Akhirnya kita mikir apa bikin Podcast Hunt ya, tetapi kan, ada tur, dan sampai sekarang masih ada tuh ‘dengarin podcast kami bang' gitu sih," sambungnya.

BACA JUGA: Gandeng GIS Travel, Podcast Ancur X Podcast Seminggu Hadirkan Program Umrah Bareng

Tak hanya itu, Podcast Ancur melihat bahwa industri podcast di Indonesia sudah semakin besar.

Oleh karena itu, Diaz Danar berharap ajang ini dapat membesarkan ekosistem dari podcast di Indonesia.

"Podcast tuh masih punya banyak peluang banget untuk terus berkembang, nah kami yang dari Podcast Ancur peduli dengan industri ini jadi kami berusaha untuk membuka peluang untuk podcaster baru," ucap Diaz Danar.

"Kalau pemainnya kita bertiga doang ya pasti bosan makanya kami undang mereka untuk muncul para podcaster yang ada, tetapi belum kedengaran, kita sama-sama buat ekosistemnya besar," timpal Randhika Djamil.

Inisiatif dari Podcast Ancur ini lantas mendapat sambutan dan dukungan dari Spotify, layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia.

"Kami begitu antusias melihat lebih banyak kreator baru muncul dari Podcast Hunt 2024 mendatang. Inisiatif ini merupakan bukti kreativitas dan semangat luar biasa dalam komunitas podcasting Indonesia,” tutur Head of Podcast, Spotify Southeast Asia, Carl Zuzarte.

"Di Spotify, kami berkomitmen untuk memberdayakan kreator lokal, dan menyediakan platform serta perangkat yang mereka butuhkan untuk berbagi cerita mereka. Kami sangat menantikan generasi baru dalam dunia podcasting yang akan ditemukan melalui kegiatan ini," imbuhnya.

Adapun pendaftaran Podcast Hunt 2024 sendiri telah dibuka mulai 5 September hingga 21 September 2024.

Ajang pencarian bakat ini terbuka untuk peserta dari seluruh Indonesia. 

Selain podcaster baru, ajang ini juga terbuka bagi mereka yang sudah memiliki channel podcast, selama belum pernah menerima iklan dalam bentuk apa pun.

Oki Rengga dan Novita Angie bakal menjadi dewan juri dalam ajang Podcast Hunt 2024. (mcr7/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler