Pohon Natal sudah banyak menghiasi kota-kota di penjuru dunia. Kerlap kerlip lampu dapat menghibur setiap mata yang memandangnya. Tetapi di kota Brisbane ada pohon Natal yang keunikannya tidak tertandingi di benua kanguru.


Pohon Natal dengan tenaga ayuhan sepeda di South Bank, Brisbane. Foto: 612 ABC Brisbane, Jessica Hinchliffe.

BACA JUGA: Australia Akan Perketat UU Anti Korupsi

Pohon Natal setinggi 4,2 meter berdiri tegak di kawasan South Bank, kota Brisbane. Pohon ini dihiasi dengan 3.500 lampu LED, yang uniknya bukan menggunakan listrik.

Untuk menyalakan lampu-lampu ini dibutuhkan energi kayuhan sepeda, dari empat sepeda yang berada di bawah pohon.

BACA JUGA: Atasi Ketergantungan pada Gawai dengan Program Detoks Digital

Julian Simonds, anggota dewan kota Brisbane mengatakan mengayuh sepeda akan menyehatkan bagi para pengunjung untuk membakar kalori.

"Sepeda-sepeda terhubung jadi sumber energi ke pohon, bagian yang menyala sangat tergantung pada berapa banyak orang yang mengayuh pedal sepedanya," ujar Simmonds.

BACA JUGA: Temui Menkopolhukam RI, Jaksa Agung Australia Bahas Kerjasama Intelijen

Simmonds berharap keberadaan pohon Natal dengan daya kayuhan sepeda ini akan memberikan pengalaman Natal yang berbeda bagi warga dan pengunjung Brisbane.

Tidak hanya pohon Natal, kawasan South Bank juga menggelar Christmas Market, atau Pasar Natal, yang menjual sejumlah makanan dan hiasan khas Natal, yang dibuat pengerajin lokal.

Pohon Natal tenaga kayuhan pedal sepeda ini bisa dinikmati hingga Rabu (23/12/2015).Video: Petugas Kepolisian Queensland mencoba mengayuh pedal sepeda untuk menyalakan lampu.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pesawat Jetstar Melbourne - Singapura Mendarat Darurat di Darwin

Berita Terkait