Polandia Andalkan Trio Borussia Dortmund

Jumat, 01 Juni 2012 – 16:06 WIB

POLANDIA sangat mengandalkan trio Borussia Dortmund, yakni Lukasz Piszczek, Jakub Blaszczykowski, dan Robert Lewandowski. Secara statistik, serangan mereka paling sering dilakukan melalui sayap kanan lewat Blaszczykowski yang ditopang Piszczek dari bek kanan.
 
Mereka bermain sangat disiplin di pertahanan. Jarang sekali dua bek tengah naik ke depan. Bahkan, para gelandang bertahan lebih fokus menjaga wilayah ketimbang merangsek ke depan. Akibatnya, sering terjadi ruang kosong di lini tengah saat menyerang.
 
Untung, mereka memiliki penyerang seperti Lewandowski yang bagus dalam penguasaan bola dan cerdik dalam menyelesaikan peluang. Masalahnya, bila Lewandowski cedera, masalah besar akan dihadapi tim asuhan Franciszek Smuda itu.   
 
Strengths

- Bertindak sebagai tuan rumah. Suntikan semangat dari suporter sebagai pemain ke-12 akan memberikan dampak positif kepada tim.

- Didominasi pemain muda. Semangat dan spirit pemain muda membuat tim ini dinamis dan tangguh. Hanya satu pemain Polandia yang berusia di atas 30 tahun, yakni bek tengah Marcin Wasilewski.

- Sayap kanan yang dahsyat. Setiap lawan Polandia harus mewaspadai serangan dari sisi kanan. Mereka memiliki dua pemain yang sangat padu dan berbahaya. Lukasz Piszczek dan Jakub Blaszczykowski bahu-membahu di klubnya, Borussia Dortmund.

- Memiliki all-round striker. Keberadaan Robert Lewandowski sangat menguntungkan Polandia. Dia bukan hanya piawai sebagai target man, melainkan juga pandai membuka ruang dan menggiring bola.

- Memiliki kiper yang muda dan teruji di kompetisi elite. Kiper Arsenal Wojciech Szczesny menjadi andalan di bawah mistar gawang.
 
 Weaknesses
 
- Bek tengah kurang disiplin. Marcin Wasilewski yang menjadi starter di jantung pertahanan bersama Damien Perquis merupakan pemain yang kurang disiplin.

- Bek kiri kurang menopang serangan. Berbeda dari bek kanan yang rajin menyerang. Bek kiri yang dihuni Jakub Wawrzyniak kurang agresif. Pilihan lainnya, Sebastian Boenisch, malah jarang bermain musim ini karena cedera.

- Sulit menjaga konsentrasi. Mereka sulit menjaga tenaga tetap bugar bila bermain dengan pressing ketat selama 90 menit. Akibatnya, kalau mereka menghadapi tim besar Eropa, lengah selama menit-menit akhir sangat berbahaya.

- Ketergantungan tinggi pada trio Dortmund. Bila trio Dortmund, yakni Lukasz Piszczek, Jakub Blaszczykowski, dan Robert Lewandowski, mengalami cedera, tidak ada pengganti yang sepadan.
 
Prediksi Starter

Wojciech Szczesny (g); Lukasz Piszczek, Damien Perquis, Marcin Wasilewski, Jakub Wawrzyniak; Dariusz Dudka, Adrian Mierzejewski; Jakub Blaszczykowski, Eugen Polanski, Ludovic Obraniak; Robert Lewandowski
 
Pelatih: Franciszek Smuda

Semula, ketika menggantikan Leo Beenhakker pada 2009, dia berjanji memainkan sepak bola ofensif dan menghibur. Kenyataannya, mereka malah kalah. Smuda pun mulai realistis dan memainkan sepak bola dengan gaya yang tidak beda jauh dengan Beenhakker dengan skema 4-2-3-1. (jp)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tekanan Mengarah Ke Pedrosa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler