Polisi Gelar Rapid Test Massal di Petamburan, Kok Ada yang Kabur?

Kamis, 26 November 2020 – 21:15 WIB
Warga Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat mengikuti rapid test yang dilaksananan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Metro Jaya, Selasa (24/11). Bidokkes Polda Metro Jaya menggelar rapid test untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 menyusul adanya kerumunan saat kepulangan Habib Rizieq Shihab serta pernikahan putrinya beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Polisi menyediakan fasilitas rapid test gratis di Jalan Petamburan IV, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tepatnya di SD Negeri 01-03, selama 22-24 November 2020 lalu.

Adapun hasilnya polisi menemukan lima orang reaktif covid-19 dari rapid test

"Kemarin sempat ada reaktif lima, tapi tes ulang lagi, tiga yang meninggalkan tempat, ini masih kami susuri lagi," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (26/11).

Lebih lanjut, pria kelahiran Sulawesi Selatan itu mengatakan, pihaknya tengah mencari keberadaan tiga warga tersebut.

Namun demikian, pihaknya tetap mengedepankan langkah persuasif dalam menyikapi tiga warga itu.

Sebab, sesuai perintah Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Mohammad Fadil Imran. 

"Kami secara persuasif demi kemanusiaan. Pak Kapolda (Irjen Pol Fadil Imran-red) juga menyampaikan ini kemanusiaan, jangan sampai ada klaster penyebaran covid-19 dalam kerumunan tersebut. Kami mengharapkan masysarakat daerah Petmaburan mau datang ke tempat di mana dilakukan swab test yang ada," ujarnya.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menyebut warga Petamburan antusias mengikuti rapid test.

Fasilitas itu akan kembali disediakan pada Jumat (27/11) besok.

Adapun rapid test massal di Petamburan buntut acara pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menimbulkan kerumunan.

Kedua acara yang dianggap melanggar protokol kesehatan itu yakni akad nikah anak Rizieq dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu 14 November 2020 lalu di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Besok Jumat kami akan rapid lagi massa di Petamburan dengan melibatkan teman TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini gugus tugas yang kita kedepankan nanti dalam swab test di Petamburan," tandas Yusri Yunus.

Walakin, Yusri meminta masyarakat yang mengikuti kerumunan di kegiatan Rizieq bersedia menjalani rapid test dan swab test

Sebab, deteksi dini diperlukan untuk mencegah penyebaran pandemi virus asal Wuhan itu lebih meluas. (mcr3/jpnn)

BACA JUGA: Ariza ke Tebet, Anies ke Petamburan, TNI Copot Baliho Habib Rizieq, Indikasi Ada Masalah


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler