Polisi: Hari Ini Thorik akan Ledakkan Empat Tempat di Jakarta

Senin, 10 September 2012 – 12:47 WIB
JAKARTA - Muhammad Thorik, salah satu tersangka teroris ternyata telah merencanakan akan melakukan pemboman di empat tempat di Jakarta, hari ini, Senin (10/9). Empat lokasi yang menjadi targetnya adalah Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, pos polisi di Salemba, Jakarta Pusat, markas Detasemen Khusus 88 Antiteror, dan komunitas agama Budha di Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh Thorik pada penyidik Polri setelah menyerahkan diri di pos polisi Jembatan Lima, Jakarta Barat, Minggu (9/9) kemarin.

"Belum diketahui apakah empat tempat itu akan diserang hari ini atau tidak. Tapi yang pasti dengan dia menyerahkan diri, maka rencana yang bersangkutan gagal dilakukan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Boy Rafli Amar saat jumpa pers di kantor Humas Polri.

Polisi, kata Boy, masih mencari tahu kelompok yang mengendalikan Thorik untuk melakukan aksinya itu. Apalagi ia disebut sebagai calon pengantin tunggal untuk melakukan aksi dengan bom rakitan buatannya tersebut. Polisi juga masih intens menelusuri sumber  bahan baku pembuat bom yang dimiliki warga Tambora, Jakarta Barat itu.

"Bersyukur yang bersangkutan menyerahkan diri sehingga bisa mencegah adanya aksi ini. Masih kita telusuri siapa lagi teman-teman Thorik yang akan membantunya dalam aksi ini," pungkas Boy.

Seperti yang diketahui, Thorik sempat melarik diri setelah diketahui menyimpan sejumlah bahan peledak di rumah ibunya, Iyot di Jalan Teratai, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat. Bahan peledak setengah jadi tersebut ditemukan warga sekitar rumah Thorik setelah sebelumnya melihat kepulan asap yang menyembul dari rumah tersebut.

Menyadari banyak warga mendatangi kediamannya, Thorik lantas melarikan diri. Saat olah tempat kejadian perkara (TKP) polisi menemukan di kamar Thorik terdapat beberapa bahan pembuatan bom rakitan seperti beberapa pipa paralon untuk bahan bom, baterai 9 volt 4 buah, rangkaian detonator dan paku serta sejumlah zat kimia untuk membuat bom.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Bantah BIN Kecolongan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler