Polisi Lakukan Rekayasa Lalin Saat Riau Bhayangkara Run, Begini Rutenya

Sabtu, 13 Juli 2024 – 09:09 WIB
Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Alvin Agung Wibawa menjelaskan rekayasa lalulintas saat Bhayangkara Run kepada Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal dan Forkopimda Riau. Foto dok Satlantas Polresta Pekanbaru.

jpnn.com, RIAU - Ditlantas Polda Riau, melakukan Rekayasa Lalu Lintas Saat Riau Bhayangkara Run.

Oleh karena itu masyarakat diimbau mengikuti rute yang ditentukan agar tidak terjebak jalur yang ditutup.

BACA JUGA: H-5 Riau Bhayangkara Run 2024, Antusiasme Peserta Meningkat Drastis

Ketua Pelaksana Riau Bhayangkara Run 2024 Kombes Pol Taufiq Lukman yang juga Direktur Lalu Lintas Polda Riau mengungkapkan, pihaknya sudah sangat siap untuk melaksanakan event yang berpusat di Kantor Gubernur Riau itu.

Beberapa persiapan di antaranya soal pengalihan arus dan penutupan lalu lintas.

BACA JUGA: Irjen Iqbal: Tidak Ada Ruang Bagi Sindikat Narkoba di Riau

"Mulai malam ini kami mulai menutup Jalan Sudirman, tepatnya di depan kantor Gubernur Riau. Ini guna persiapan pemasangan peralatan start dan finish. Hanya titik ini saja. Jalur dialihkan ke Jalan Cut Mutia maupun Jalan Cut Nyak Din. Jalan Sudirman di depan BRK masih tetap dibuka," sebut Taufiq, Sabtu (13/7).

Untuk penutupan jalur yang dilewati peserta Riau Bhayangkara Run 2024, baru akan ditutup Minggu 14 Juli 2024 pada pukul 03.00 WIB.

BACA JUGA: Kasus Michael Steven Dinilai Aneh: Berstatus Buron, Tetapi Masih Bisa Menggugat OJK

Adapun ruas jalan yang ditutup meliputi Jalan Sudirman mulai dari pertigaan menuju Bandara SSK II, hingga Jalan Sembilang, Rumbai.

Selebihnya, masyarakat akan bisa melewati pengalihan jalan yang sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan ini, bertujuan untuk memastikan keamanan, kelancaran dan kenyamanan baik bagi peserta Riau Bhayangkara Run 2024, maupun masyarakat pengguna jalan.

Dengan begitu pelaksanaan event dan juga kegiatan masyarakat, bisa berjalan berbarengan tanpa gangguan.

"Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna jalan untuk ketidaknyamanannya. Dan kami tentunya memohon kepada masyarakat untuk dapat mendukung event Riau Bhayangkara Run 2024 ini, dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar, dan sukses," sebut Kombes Taufiq.

Oleh karena itu, ada jalan yang akan ditutup dan dialihkan secara situasional. Untuk diketahui, kegiatan Riau Bhayangkara Run akan dipusatkan di Kantor Gubernur Riau.

Pengendara, diimbau untuk mencari jalur alternatif. Meski begitu diungkapkan Kombes Taufiq, bagi masyarakat yang beraktivitas di hari tersebut dan butuh bantuan atau layanan kepolisian, bisa tetap menghubungi petugas kepolisian terdekat.

"Jika ada masyarakat yang memiliki kepentingan ataupun terkendala di ruas jalan tertentu, silahkan hubungi petugas kami. Terutama masyarakat yang menuju arah bandara, rumah sakit, atau kepentingan mendesak lainnya. Tentunya akan ada prioritas," paparnya.

Berikut rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan RB Run 2024:

1.Lalu Lintas Dari Arah Utara Crumbai Pesisir) Menuju Arah Sudirman (Bandara) Dapat Melalui Jalan Sekolah- Jalan Yos Sudarso-Jalan Riau-Soekarno Hatta Atau Ke Jalan Ahmad Yani.

2. Lalu Lintas Dari Arah Barat (Jl. Juanda) yang Akan Ke Timur Melalui Jalan Juanda - Putar Di U-Turn Bawah Jembatan Siak 4-Jl. Sudirman-Jl. Tanjung Datuk Atau Ke JI Setia Budi.

3. Lalu Lintas Dari Arah Barat (Jl. Juanda) Yang Akan Ke Bandara Dapat Melalui Jalan Riau-Jalan Sukarno Hatta- Jalan Arifin Ahmad.

4. Lalu Lintas Dari Timur (Jl. Setia Budi) Yang Akan Ke Selatan (Bandara) Dapat Melalui Jl. Sultan Syarif Kasim-Jl.Hang Tuah-JI.Diponegoro-Jipattimura-JI Sudirman (hanya Boleh Menggunakan Lajur Kiri).

5. Lalu Lintas Dari Selatan Ualan Kaharuddin Nasution) Menuju Ke Utara Dapat Melalui Jalan Bandara Masuk Kejalan Rawa Indah-Arifin Armad-Soekarno Hatta.

6. Lalu Lintas Dari Barat (Jalan T. Tambusai) Menuju Ke Utara Dapat Melalui Jalan Kh. Ahmad Dahlan- Jalan Pepaya-Jalan A. Yani.

7. Lalu Lintas Dari Barat Ualan T. Tambusai menuju Ke Selatan (Bandara) Dapat Melalui TL. Tuanku Tambusai - Berbelok Kanan Ke Jl. Sudirman (hanya di Perbolehkan Melalui Lajur Paling Kiri).

8. Lalu Lintas Dari Barat (Arifin Ahmad) Menuju Ke Selatan Berbalik Arah Di U-Turn Mnc - Jl. Arifin Ahmad Arah Barat-JI Rawa Indah.

9. Lalu Lintas Dari Timur (Imam Munandar) Yang Akan Ke Arah Utara Dapat Masuk Melalui Bawah Flyover Imam Munandar Berbelok Kekanan (hanya Menggunakan Lajur Paling Kiri) - Sampai Di Flyover Tuanku Tam Busai, Berbelok Ke Tuanku Tambusai.

10.Lalu Lintas Dari Timur (Imam Munandar) Menuju Aran Selatan (Bandara) Dapat Melalui Jalan Sudirman (Hanya Di Perbolehkan Menggunakan Lajur Paling Kiri).

Mulai Rekayasa Lalu Lintas: Minggu, 14 Juli 2024 03.00 WIB-11.00 WIB (aatau bersifat situasional).

Berikut ruas jalan yang ditutup selama RB Run 2024:

  1. Penutupan Jalan Sembilang Menuju Kejalan Sudirman
  2. Penutupan Jalan Setia Budi Menuju Kejalan Sudirman.
  3. Penutupan Jalan Zainal Abidin Menuju Kejalan Sudirman
  4. Penutupan Jalan Gatot Subroto Menuju Kejalan Sudirman
  5. Penutupan Jalan Sisingamangaraja Menuju Kejalan Sudirman
  6. Penutupan Jalan Wahid Hasyim Menuju Kejalan Sudirman
  7. Penutupan Jalan Hangtuah Menuju Jalan Sudirman
  8. Penutupan Jalan Kartini Menuju Jalan Sudirman
  9. Penutupan Jalan Gajahmada Dari Arah Diponegoro
  10. Penutupan Jalan Cut Nyak Dien li (Belakang Kantor Gubernur) Dari Utara Ke Selatan
  11. Penutupan Jalan Cut Nyak Dien Samping Kantor Gubernur Dari Barat Ke Timur (Berputar Balik Arah Di U-Turn Bulog)
  12. Pentupan Jalan Muslimin Menu Jalan Sudirman
  13. Penutupan Jalan Agus Salim Menuju Ke Jalan Sudirman
  14. Penutupan Jalan Cokroaminoto Menuju Ke Jalan Sudirman
  15. Penutupan Jalan Hasyim Asyari Menuju Jalan Sudirman
  16. Penutupan Jalan Wolter Mongonsidi Menuju Jalan Sudirman
  17. Penutupan Jalan M. Yamin Menuju Ke Jalan

Mulai Penutupan Jalan: Minggu, 14 Juli 2024 03.00 WIB-11.00 WIB atau bersifat situasional. (mcr36/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Semester I 2024, KAI Group Layani 218 Juta Penumpang


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler