Polisi Siaga Bencana Alam

Senin, 05 November 2012 – 07:17 WIB
SOREANG-Jajaran Polres Bandung akan menyiagakan personel atau tim khusus guna antisipasi penanggulangan bencana menyusul musim penghujan yang kini terjadi yang kerap menimbulkan bencana alam seperti longsor, dan banjir.

Wakapolres Bandung Kompol Febri Ma"ruf mengatakan, pihaknya akan menyiapkan tim antisipasi penanggulangan bencana yang akan bertugas 24 jam.

"Selain menyiapkan tim antisipasi penanggulangan bencana. Polres Bandung juga menyiagakan beberapa perahu karet untuk persiapan evakuasi yang dilengkapi peralatan menunjang jika bencana terjadi sewaktu-waktu," ujar Wakapolres Bandung Kompol Febri Ma"ruf di Mapolres Bandung.

Tim antisipasi penanggulangan bencana juga, kata Febri, sudah melakukan latihan untuk penanggulangan bencana banjir dan longsor.

Wakapolres menyebutkan, selain menyiapkan tim, ia juga menginstruksikan seluruh Kapolsek di wilayah Kabupaten Bandung untuk melakukan langkah pencegahan dalam penanggulangan bencana.

"Seluruh Kapolsek sudah memetakan daerah rawan bencana dan mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi bencana yang timbul serta melakukan kesiapan untuk masing-masing rumah terhadap bahaya bencana alam," tuturnya.

Jika bencana terjadi, lanjut Febri, bisa dilaporkan ke masing-masing polsek terdekat. Selanjutnya, pihaknya akan langsung terjun ke lapangan.

Febri pun menjelaskan, sejumlah titik yang dipetakan untuk evakuasi bencana alam dianataranya Baleendah, Dayeuhkolot, Rancaekek, Solokanjeruk, dan Majalaya.

“Insyallah kita sudah antisipasi dengan Babinkamtibmas yang saat ini tengah melaksanakan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat yang dinilai daerah rawan bencana,” pungkasnya. (try)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Kakao Turun Rp 2 Ribu per Kg

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler