Polisi Tak Segan Tembak Perampok yang Sasar Rumah Kosong

Selasa, 04 Juni 2019 – 11:51 WIB
Pistol. Ilustrasi: YouTube

jpnn.com, SURABAYA - Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Totok Sumariyanto mengingatkan para personelnya untuk meningkatkan keamanan selama mudik lebaran.

Beberapa poin penting menjadi fokus petugas selama periode mudik-balik Lebaran tahun ini. Salah satunya adalah rumah kosong.

BACA JUGA: Ditinggal ART Mudik, Warga Surabaya Pilih Menginap di Hotel

"Peningkatan keamanan otomatis bakal lebih awas. Termasuk antisipasi curat, curas, dan curanmor (3C)," kata Kompol Totok. 

Baru - baru ini anggota Polsek Tenggilis Mejoyo telah menyisir beberapa kawasan perumahan. Di antaranya, Perumahan Panjang Jiwo Permai.

BACA JUGA: Berita Terbaru Soal Kanitreskrim Polsek Mesuji Timur Tewas Ditembak Perampok

Pos penjagaan utama menjadi sasaran pertama. Pengecekan CCTV dan jalur akses perumahan menjadi topik yang diperbincangkan.

BACA JUGA : Polisi Siapkan Regu Tembak, Jika Ada yang Berulah, Doorrrr !

BACA JUGA: Anak Buah Tewas Ditembak Perampok, Wakapolda Sumsel Bilang Begini

Rikky Wicaksono, ketua RW setempat, menyatakan bahwa ada 300 KK (kepala keluarga) di Panjang Jiwo Permai. Sekitar 45 persen di antaranya mulai mudik Lebaran. Beberapa rumah memang terlihat kosong penghuni.

"Kami intenskan patroli satpam juga. Total ada 16 satpam yang kami siagakan," ujarnya.

Bersama satpam dan ketua RW, anggota bergerak menuju gang perumahan. Salah satu rumah 2 lantai di Panjang Jiwo Permai I terlihat kosong. Kompol Totok pun mengecek pintu pagar yang sudah terkunci.

Lampu teras pun dinyalakan. Dia menyatakan, aktivitas itu dilakukan untuk membuat aman warga sekaligus mengantisipasi adanya 3C.

BACA JUGA : Kurir Sabu-sabu Asal Aceh Tewas Ditembak Polisi

 

Selain patroli sepeda, anggota berjalan kaki menyisir rumah-rumah lain. "Kami ingatkan bakal tindak tegas pelaku kriminal. Kalau perlu tembak di tempat," tegasnya.

Edi Samudo, penghuni Panjang Jiwo Permai, menyatakan bangga dengan gerak cepat polisi untuk mengantisipasi keamanan perumahannya.

"Seperti ini kan warga bisa nyaman. Tenang meninggalkan rumah. Kami juga antartetangga terus melakukan kontak," katanya.

Sebab, sebagian warga memilih tidak pergi ke mana-mana. Hal itu dimanfaatkan untuk saling membantu dengan mengecek kondisi rumah.

Selain Polsek Tenggilis Mejoyo, Polsek Rungkut gencar melakukan giat patroli keliling. Kapolsek Rungkut Kompol I Gede Suartika menyatakan, pihaknya mengajak 8 anggota aktif untuk turun ke permukiman warga.

Selain polisi, polsek menggandeng anggota Koramil 0831/05 Rungkut, BPBD linmas, dan satpol PP.

Perumahan Rungkut Mapan Barat (RMB) menjadi salah satu tempat yang dikunjunginya.

"Keamanan terus kami tingkatkan. Lebaran tinggal hitungan hari. Ini langkah antisipasi kami menyongsong arus mudik-balik," katanya.

Kapolsek Sukolilo Kompol Ibrahim Gani menyatakan, pihaknya mendorong anggota untuk fokus dan intens terkait dengan keamanan lingkungan.

Peran Bhabinkamtibmas bakal ditingkatkan untuk mendatangi area permukiman warga.

Tak terkecuali, kawasan perumahan elite. Misalnya, perumahan Galaxy Bumi Permai dan Wisma Mukti.

Polsek Sukolilo juga menaruh perhatian kepada rumah kos atau kontrakan. Dia menyatakan, pemasangan CCTV seharusnya sudah dilakukan.

Pemilik rumah juga diberi imbauan agar memberikan kunci tambahan. "Siskamling dan one gate system mulai diaktifkan di beberapa kampung," ucapnya. (dan/c12/dio/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kanit Reskrim Polsek Mesuji Timur Tewas Ditembak Perampok


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler