Polisi Temukan 300 Kg Bahan Peledak di Rumah Terduga Teroris Sibolga

Rabu, 13 Maret 2019 – 20:58 WIB
Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk saat sambangi rumah salah satu terduga teroris. Foto: Dok New Tapanuli JawaPos Group

jpnn.com, SIBOLGA - Pihak kepolisian langsung mensterilkan lokasi ledakan bom dan rumah para terduga pelaku teroris yang ditangkap, Rabu (13/3).

Kabar terbaru, polisi menemukan bahan peledak sebanyak 300 kilogram. Barang bukti itu, ditemukan di rumah terduga Asmir Khoir alias Ameng.

BACA JUGA: Densus 88 Antiteror Amankan Tiga Terduga Teroris di Sibolga

Bahan peledak tersebut ditanam Ameng di dekat saluran pembuangan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus membenarkan adanya bahan peledak sebanyak 300 kg yang telah diamankan. Seluruh bahan peledak sudah diangkut oleh tim gegana.

BACA JUGA: Istri Terduga Pelaku Teroris di Sibolga Meledakkan Diri

BACA JUGA: Densus 88 Antiteror Amankan Tiga Terduga Teroris di Sibolga

“Dari hasil penggeledahan ada 300 kg bahan peledak jadi. Jadi kalau mereka bisa merakit dan meramu bahan-bahan yang ada, sekitar 300 kg,” kata Kapolda di TKP jalan Cendrawasih.

BACA JUGA: Terduga Teroris Ditangkap di Kalbar, DPR: Tingkatkan Kewaspadaan

Dia juga mengatakan bahwa bom ada yang telah dirakit dan siap untuk diledakkan setiap saat oleh para terduga teroris.

“Dari hasil penyelidikan, di lokasi tersebut sudah dirakit bomnya. Sewaktu-waktu bisa langsung diledakkan oleh orang pemegang pemicunya,” terangnya.

Tak hanya itu, Kapolda memastikan sudah ada tiga terduga teroris yang diamankan. Meski demikian, pihaknya masih akan terus melakukan pengembangan untuk memastikan tidak ada lagi pelaku lainnya.

“Di luar yang di Lampung, ada 3 yang kami tangkap di Sibolga dan masih dilakukan penyelidikan penyidik dari Densus 88 gabungan dengan Polda Sumatera utara. Mudah-mudahan kalau ada pengembangan segera kita bisa lakukan penindakan terhadap pelaku yang masih ada di wilayah Sumatera Utara. Namun untuk wilayah Sibolga sudah aman,” pungkasnya.

Baca Juga: Istri Terduga Pelaku Teroris di Sibolga Meledakkan Diri

Untuk menghindari hal tak diinginkan, polisi tidak memperbolehkan warga lalu lalang di sepanjang jalan Cendrawasih.

Begitu juga para awak media, dibatasi hanya sampai posko penjagaan yang didirikan pihak kepolisian sekitar 100 meter dari rumah terduga teroris.

Sekira pukul 12.30 WIB, Wali kota Sibolga Syarfi Hutauruk didampingi wakilnya Edi Polo Sitanggang dan sejumlah SKPD, tiba untuk kedua kalinya di TKP.

Setelah sebelumnya, pagi walikota juga menyempatkan diri turun langsung ke TKP didampingi pihak kepolisian.(jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Istri Terduga Teroris Sibolga Ledakkan Diri, Polisi Cari Sisa-sisa Bom


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler