Politani Samarinda Rebut Tiket LIMA Futsal Final Nationals

Sabtu, 02 November 2019 – 02:51 WIB
Laga LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference. Foto: LIMA

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda berhasil merebut gelar juara LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference musim ini.

Gelar perdana tersebut direngkuh setelah mereka sukses menundukkan Universitas Mulawarman (Unmul) dengan skor 5-3 di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas), Balikpapan, Jumat (1/11/2019).

BACA JUGA: Polsri Palembang Pertahankan Gelar LIMA Futsal SMC 2019

Kedua tim merupakan pengisi peringkat  satu dan dua Kalimantan Conference Season 7 setelah sama-sama mengantongi lima kemenangan.

Meski Politani memuncaki klasemen dengan selisih  34 gol d iatas Unmul, pertandingan ini tetap menjadi penentu siapa yang berhak menyandang status gelar juara.

Pertandingan itu sekaligus penentuan siapa yang berhak maju ke final nasional.

Unmul mengawali keunggulan lewat gol yang diciptakan Abdul Rahman pada menit ke-4.

Dia berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari sepak pojok yang dilakukan oleh Muhammad Afieq Mustafa. 

Ini menjadi koleksi gol ke-11 yang dicetak student athlete jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar tersebut.

Politani tersentak dan langsung beraksi dengan menyamakan   kedudukan kurang dari satu jarak waktu menit melalui kaki Argi Sulfitra.

Proses gol tercipta setelah Argi berhasil mencuri bola dari Muhammad Alief Mustafa. Gol ini adalah gol kesembilan yang dihasilkan student-athlete asal Pinrang.

Tak lama berselang, Alfiq yang menjadi biang lahirnya gol lawan, membayar kesalahan tersebut dengan gol ciptaannya usai mengatasi hadangan pemain bertaha Politani Diaz Christi Sanjaya.

Kampus yang berada di Kecamatan Samarinda Ulu tersebut unggul dengan 2-1 pada menit ke-16.

Politani memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-19 lewat tendangan bebas Aloysius Abel Dorage ke Diaz.

Namun, tembakan student-athlete bernomor punggung 10 tersebut berhasil ditangkap kiper Unmul Muhammad Yusuf Hamka. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Politani meningkatkan tekanan pada babak kedua dan meraih hasilnya saat babak kedua berjalan empat menit. Diaz menciptakan gol keduanya menyusul tendangan sudut.

Aprianto Samwin memperbesar keunggulan Politani pada menit ke-27 setelah  menerima umpan dari Diaz, sekaligus menjadi koleksi ke-15 baginya di event ini.

Berselang dua menit, skor kembali imbang. Afieq mencetak gol kedua setelah merebut operan pemain Politani.

Setelah skor menjadi 3-3, Politani menambah dua gol penentu kemenangan dan gelar mereka.

Sundulan Aloysius Abel Dorage setelah menerima umpan jauh tendangan bebas Diaz mampu menembus gawang Unmul.

Diaz Christi Sanjaya menciptakan gol penutup pada 15 detik sebelum pertandingan berakhir. Ia mencetak gol secara mudah saat Unmul menerapkan strategi power play.

Usai pertandingan, pelatih Politani Yudhabarata mengaku puas dan bersukur dengan capaian yang sudah dipersembahkan anak asuhnya.

“Kemenangan ini luar biasa karena ini merupakan prestasi yang belum pernah kami capai. Apalagi ini juga pertama kalinya bagi kami bisa mewakili Kalimantan ke Nationals,”kata Yudhabarata.

Di sisi lain, ofisial Unmul Deni Setiawan mengatakan akan menjadikan hasil LIMA Futsal: Kalimantan Conference Season 7 ini sebagai pelajaran. 

“Saya tetap mengapresiasi para pemain karena sudah berjuang dengan keras untuk meraih prestasi ini. Hasil ini juga tidak buruk untuk kami,’tegasnya.

LIMA Futsal Nationals Season 7 akan berlangsung pada 27 November-6 Desember di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler