Politikus PKS Amin AK Ungkap Penyebab BUMN Sektor Infrastruktur Terpuruk

Selasa, 06 April 2021 – 17:03 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Amin AK. Foto: FPKS DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Amin AK menengarai perencanaan pembangunan infrastruktur buruk menjadi penyebab sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang infrastruktur mengalami keterpurukan.

Amin menilai ambisi besar tanpa perencanaan matang hanya akan membebani keuangan negara dan rendahnya kualitas hasil pembangunan.

BACA JUGA: Infrastruktur Jalan dan Rel Kereta Api Trans Kalimantan Harus Terintegrasi dengan Pembangunan IKN

Wakil rakyat dari Dapil Jawa Timur IV itu menyoroti amblesnya saham-saham sejumlah BUMN Karya di tengah gencarnya proyek infrastruktur. BUMN-BUMN tersebut antara lain PT Pembangunan Perumahan (PTPP), PT Hutama Karya (HK), PT Wijaya Karya (WIKA), PT Waskita Karya (WSKT), dan PT Waskita Beton Precast (WSBP).

Menurut Amin, hal itu berdasarkan laporan keuangan BUMN Karya pada Selasa (30/3/2021) lalu. PT Waskita Karya merugi hingga Rp 7 triliun. Sedangkan Wijaya Karya, meski tidak sampai rugi tetapi labanya terjun bebas dari Rp 2,2 triliun menjadi kurang dari Rp 200 miliar. Kemudian PT PP turun dari Rp 800 miliar tinggal Rp 128 miliar.

BACA JUGA: Bamsoet Bersama Gerak BS dan Komjal Gelar Festival Musik Kreasi Anak Jalanan

Dengan tingkat ketahanan yang makin lemah, Amin mengkhawatirkan akan bergugurannya BUMN Infrastruktur karena sulit bertahan terlebih ditengah pandemi. Tidak menutup kemungkinan pemerintah mengambil jalan pintas melegonya ke pihak asing.

Lebih lanjut Amin mengatakan memang betul sektor konstruksi menjadi salah satu sektor paling terdampak pandemi Covid-19. Proyek-proyek konstruksi terpaksa mangkrak sejak pandemi menghantam Indonesia. Mengingat sektor konstruksi bersifat padat modal, mangkraknya proyek tentu saja menyebabkan kerugian parah.

BACA JUGA: Beban APBN Kian Berat, Azis Syamsuddin Minta BUMN Gandeng Kelompok Tani Kelola Lahan Tidur

“Sangat disayangkan pemerintah tidak memiliki exit plan dari situasi tersebut. Beban keuangan BUMN Karya pun berat karena harus menanggung utang usaha yang sangat besar dan harus segera dibayar,” kata Amin.

Menurut Amin, kondisi saat ini menjadi alarm bahaya bagi eksistensi BUMN Karya. Membengkaknya utang di tengah kondisi kas perusahaan yang terus menipis berisiko gagal bayar mengingat kondisi ekonomi yang masih berat dan tidak pasti akibat pandemi.

Perencanaan yang buruk juga mendorong BUMN berutang dalam jumlah besar karena tidak mudah menyiapkan dana sangat besar dalam waktu singkat.

Amin mencontohkan pembangunan 24 ruas jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 kilometer berdampak pada  deifisitnya pendanaan PT Hutama Karya (Persero) sebagai kontraktor. Jumlahnya mencapai hingga Rp 60 triliun.

Hingga akhir tahun 2020, Hutama Karya telah mengerjakan delapan ruas tol dengan panjang 1.156. kilometer. Sekitar 513 kilometer jalan tol beroperasi, namun sisanya, sepanjang 643 kilometer terancam mangkrak.

“BUMN Karya harus diselamatkan. Kami nantikan realisasi janji pemerintah yang akan menyelesaikan persoalan pendanaan proyek infrastruktur lewat lembaga pengelola invetasi yang sudah dibentuk,” ujar Amin.(fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler