Seorang politisi negara bagian Victoria, Australia, Damien Mantach, kini dilaporkan ke polisi karena dituduh menyalahgunakan dana partai sekitar 1,5 juta dolar (setara dengan Rp 15 miliar). Ia diduga melakukan hal itu selama empat tahun untuk membiayai gaya hidupnya.

Damien Mantach merupakan mantan direktur Partai Liberal di Melbourne, dan telah mengundurkan diri setelah partainya kalah dalam pemilu negara bagian Victoria pada November 2014.

BACA JUGA: Mahasiswa Kamboja Teliti Radar Kelautan di Australia

Kini, seorang pengurus Partai Liberal Victoria, Matthew Guy, mengungkapkan bahwa partainya telah meminta polisi untuk menyelidiki hilangnya dana partai sekitar 1,5 juta dolar.

Menurut Guy, hal ini diketahui setelah dilakukan audit forensik terhadap dana partai setelah kekalahan mereka dalam pemilu negara bagian. 

BACA JUGA: Australia Cegah 7 Warganya Gabung Kelompok Teroris

Hasilnya, kata Guy, partai secara resmi menuduh Damien Mantach menyalahgunakan dana tersebut dan memakainya untuk membiayai gaya hidupnya.

"Tentu saja partai merasa kesal dan kami minta dana itu dikembalikan," kata Guy. "Kami akan memastikan agar pelakunya mendapat ganjaran setimpal."

BACA JUGA: Hubungan Australia-Indonesia Sudah Cair Kembali

Pihak Kepolisian Victoria secara terpisah membenarkan bahwa mereka telah menerima laporan kasus ini dan akan ditindaklanjuti.

Menurut Guy, kalangan anggota DPR Victoria dari Partai Liberal merasa dikhianati dan pengurus partai di tingkat lokal sangat kecewa karena dana yang mereka kumpulkan telah disalahgunakan.

Mantan Ketua Partai Liberal Victoria Denis Napthine, menyatakan kaget dan kecewa jika tuduhan itu benar adanya.

Ketua Partai Liberal Victoria yang baru, Michael Kroger, mengatakan bagian pengawas dalam kepengurusan partainya telah gagal menjalankan tugas dengan baik.

"Seharusnya kasus ini terbongkar lebih awal," katanya kepada ABC seraya menambahkan, Mantach bertindak sendiri dalam perbuatannya itu.

Dalam pertemuan partai hari Kamis (20/8/2015) masalah ini menjadi topik pembahasan.

Mantach telah dihubungi namun belum memberikan komentar.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasutri Adelaide Buat Situs Berbagi Buah dan Sayur dengan Warga Setempat

Berita Terkait