Politisi Golkar Sepakat dengan Hashim: Makan Siang Gratis Tingkatkan Mutu Pendidikan

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 16:20 WIB
Ilustrasi - Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menegaskan pemerintahan Prabowo-Gibran optimistis program makan bergizi gratis untuk anak sekolah. 

Dia yakin program ini mampu mendongkrak kualitas pendidikan Indonesia sehingga siap bersaing dengan negara lain di dunia.

BACA JUGA: Anggaran Program Makan Siang Gratis Dipotong Separuh? Airlangga Merespons Begini

"Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Saya optimis ini berjalan dengan baik, program inI adalah investasi untuk meningkatkan ranking pendidikan Indonesia di mata internasional," ujarnya, di acara Dialog Nasional 'Program Makanan Bergizi Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045' dan Peresmian Forum Masyarakat Indonesia Emas, di Gedung LPP RRI, Jakarta, Sabtu (3/8).

Hashim telah melaporkan kepada Prabowo data Kementerian Kesehatan yang menyebutkan ada 41 persen atau sekitar 18 juta anak di Indonesia pergi sekolah dengan perut kosong.

BACA JUGA: Kementan Pastikan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Bisa Pakai Pangan Lokal

Data lain juga mengungkapkan anak-anak prasekolah di Indonesia sebanyak 30 juta orang yang diduga tidak mendapatkan sarapan.

Hashim juga menambahkan, untuk menangani masalah stunting juga harus memberikan nutrisi yang cukup sejak anak masih di dalam rahim.

BACA JUGA: Anggaran Makan Siang Gratis Dipotong Lagi? Airlangga Berkata Begini

Dia menyebut ada 4 juta ibu hamil yang akan diberikan makan gratis bersama denganP anak sekolahan.

"Maka 4 juta ibu-ibu yang hamil juga segera akan kita berikan makan gratis.Program ini adalah wujud kepedulian dan dari perhatian masyarakat atas nasib bangsa kita. Sebentar lagi diserahkan kepada pimpinan nasional baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka " tutur Hashim.

Ditempat terpisah politisi partai Golkar Melli Darsa sepakat Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Gibran adalah upaya mempersiapkan generasi emas 2045.

"Pertarungan intelektual, kapasitas dan kualitas sdm manusia pada saat itu akan sangst kompetitif. Karena itu, Indonesia wajib menyiapkan sejak dini sdm manusia yang mampu berdaya saing tinggi," ujar perempuan yang juga menjabat sebagai Presiden Harvard Club of Indonesia (HCI).

Melli mengatakan problem utama ketertinggalan SDM Indonesia terutama masyarakat miskin dan kelompok rentan adalah akses mendapatkan makanan sehat dan akses mendapatkan pengetahuan tentang makanan sehat.

Artinya, jika asupan gizi ini merata di segala kelas sosial, maka ketimpangan kesempatan mendapatka ilmu pengetahuan akan hilang. Iklim kompetisi yang berkeadilan terbuka luas.

"Pemerintah dengan program makanan bergizi gratis melakukan intervensi untuk membangun akses kedua hal itu sehingga masyarakat miskin dapat merasakan keduanya," ujarnya.

Melli juga mengatakan pasokan makanan bergizi gratis tentunya mematik permintaan besar besaran. Ada demand yang besar yang membutuhkan suply yang besar.

Ini menjadi stimulus untuk sektor pertanian lokal. Karena biar bagaimanapun, agak sulit dan memakan biaya besar bila penyediaan makanan terpusat di satu tempat.

Tapi kemudian jika memang ini diserahkan sebagian ke wilayah yang mendapatkan prioritas pertama makan bergizi, maka geliat ekonomi dipastikan akan tumbuh besar di wilayah yang diberikan prioritas dan wilayah penyangga sekitarnya.

"Artinya gairah di sektor pertanian menggeliat yang bisa saja kedepan menjadi swasembeda baik tingkat lokal maupun secara nasional," ujarnya.

Melli menyakini Prabowo sudah membaca peluang ini maka kemungkinan ada sejumlah kementerian termasuk Kementerian Pertanian akan menjadi tulang punggung dalam melakukan swasembada pangan untuk kebutuhan makan gizi gratis.

Jadi kedepan kebijakan pupuk, benih yang unggul, birokrasi yang efektif dan hal lain tepat sasaran ke petani, maka hal yang sangat mungkin kita swasembada bangan beringin dengan makan siang gratis.

"Ini soal policall will saja," ujarnya.

Terkait, keputusan harga atau biaya tentunya, Melli menyakini hal ini sudah dipikirkan sangat matang oleh pemerintahan prabowo.

Ia tidak berpatokan pada angka 15 ribu, melainkan pada menu yang diberikan.

"Bisa saja angkanya lebih dari 15 ribu tpi tidak ada gizinya. Intinya adalah makanan apa yg akan diberikan, Itu pointnya. Saya yakin pak Prabowo punya tim yang tepat untuk hal itu," ujarnya. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler