Polling Media Lokal: Isran-Hadi Dipilih Paling Banyak, Sampai 60 Persen

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 18:28 WIB
Calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Ilustrasi. Foto: Source For JPNN

jpnn.com, KALTIM - Nama Cagub-Cawagub Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut satu Isran Noor dan Hadi Mulyadi menjadi tokoh dengan angka keterpilihan tertinggi menyambut Pilkada untuk provinsi beribu kota Samarinda.

Hal demikian seperti tertuang dalam pemungutan suara atau polling melalui medsos yang dilaksanakan media lokal di Kaltim.

BACA JUGA: Survei Pilgub Kaltim: Rudy Masud-Seno Aji Unggul Signifikan dari Petahana Isran-Hadi

Kandidat Isran-Hadi dalam polling media lokal mengungguli pasangan pesaing, Rudy Mas’ud dan Seno Aji.

Saat dilihat pada Sabtu, 4 Oktober 2024, pukul 16:00 WIB, jumlah partisipan sudah mencapai 4.371 suara. 

BACA JUGA: AHY Ucap Welcome Home saat Serahkan Dukungan ke Isran-Hadi, Irwan Fecho: Ini Bukti Konsistensi

Dari total suara yang masuk, pasangan Isran-Hadi mendapatkan dukungan sebesar 60 persen, sedangkan Rudy-Seno memperoleh 40 persen suara.

Pengamat kebijakan publik Iradat Ismail menyebut selisih suara seperti tertuang dalam polling media lokal cukup signifikan.

BACA JUGA: Polling Institute Rilis Kepuasan Publik kepada Jokowi Tembus 77,1 Persen

"Selisih yang cukup signifikan ini mencerminkan bahwa warganet lebih banyak memberikan kepercayaan kepada Isran Noor dan Hadi Mulyadi untuk memimpin Kalimantan Timur dalam periode mendatang," kata Iradat.

Dia mengatakan polling daring bisa menjadi satu di antara patokan untuk memprediksi hasil sebuah pilkada, termasuk di Kaltim.

Menurutnya, hasil polling bisa menjadi salah satu indikator yang menunjukkan arah dukungan publik, khususnya di kalangan pengguna internet.

Iradat mengatakan keunggulan Isran-Hadi menunjukkan program kandidat petahana itu dirasakan masyarakat.

"Polling ini juga bisa dilihat sebagai bukti bahwa kebijakan-kebijakan yang mereka jalankan selama menjabat di periode sebelumnya masih mendapatkan tempat di hati masyarakat," lanjut Iradat.

Diketahui, Isran dan Hadi selama menjabat Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim membuat berbagai program soal peningkatan kesejahteraan daerah, penguatan infrastruktur, hingga pengelolaan sumber daya alam.

Iradat mengatakan hasil polling di sisi lain menjadi pekerjaan rumah berat bagi Rudi-Seno untuk menang Pilkada Kaltim meski diusung koalisi gemuk.

Dia menyebutkan dukungan 40 persen menunjukkan kandidat tersebut perlu bekerja lebih keras meraih suara rakyat.

"Secara keseluruhan, polling ini menunjukkan bahwa pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi saat ini berada dalam posisi yang lebih kuat di mata warganet. Namun demikian, Pilkada adalah proses yang dinamis, dan situasi di lapangan bisa berubah dengan cepat," ujar Iradat. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polling Kompas: Ganjar Paling Kuasai Permasalahan & Lugas Menjawab di Debat Capres


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler