Polres Pelalawan Beri Pesan Tegas saat Deklarasi Tertib Berlalu Lintas untuk Pemilu Damai

Selasa, 23 Januari 2024 – 09:05 WIB
Pelepasan pawai komunitas motor oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto dalam kegiatan Deklarasi Tertib Berlalu Lintas demi Pemilu Damai 2024. Foto:Polres Pelalawan.

jpnn.com, PELALAWAN - Polres Pelalawan menggelar deklarasi tertib berlalu lintas dalam mewujudkan Pemilu Damai 2024 yang berkeselamatan.

Kegiatan yang digelar secara serentak di seluruh polres jajaran Polda Riau ini dilaksanakan di Ruang Publik Kreatif (RPK) depan kantor Bupati Pelalawan, Minggu (20/01/2024).

BACA JUGA: Kapolresta Pekanbaru Menggelar Istigasah dan Doa Bersama Demi Mewujudkan Pemilu Damai 2024

Kegiatan deklarasi ini dipimpin oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto dan dihadiri oleh bupati Pelalawan, ketua DPRD, dandim 0314/KPR, serta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Pelalawan.

Para ketua partai politik,OKP, Ormas, Komunitas All Bikers di Pelalawan, Ketua RT, RW serta tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda turut memeriahkan kegiatan ini.

BACA JUGA: Pakar Ini Bedakan Level Cak Imin & Mahfud dengan Gibran, Ada Istilah Karbitan

AKBP Suwinto menyampaikan bahwa deklarasi ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan Pemilu 2024 berlangsung damai.

“Kami menekankan pentingnya tertib berlalu lintas pada masa-masa kampanye Pemilu 2024, terutama pada saat melaksanakan komvoi kampanye parpol di jalan raya,” kata Suwinto kepada JPNN.com Selasa (23/1).

BACA JUGA: Polres Kuansing Gelar Salat Subuh Berjemaah, Ada Pesan Penting untuk Masyarakat

Suwinto mengimbau kepada seluruh parpol dan simpatisan agar dapat memberikan himbauan dan contoh tertib berlalu lintas.

“Apalagi selama tahapan kampanye melintasi jalan raya, diharapkan memberikan himbauan dan juga berupa teguran apabila terjadi pelanggaran lalu lintas pada saat kampanye,” lanjutnya.

Tujuan dilaksanakan deklarasi ini agar peserta Pemilu dalam kampanye dapat melaksanakan ketertiban lalu lintas.

“Sehingga dapat menghindari kecelakaan pada saat melakukan kampanye. Serta dapat melaksanakan ketertiban berlalu lintas di jalan raya,” ungkap Suwinto.

Kegiatan deklarasi tertib berlalu lintas dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas dalam mensukseskan Pemilu 2024.

"Kegiatan tersebut merupakan untuk menciptakan suasana pemilu yang aman dan damai, serta tertib berlalu lintas yang berkeselamatan,” tuturnya.

Terakhir acara deklarasi tertib berlalu lintas ditutup dengan pelepasan pawai kendaraan roda dua.

Pawai di lepas langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto. Rombongan dipimipin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria.

AKP Akira Ceria mengimbau kepada seluruh parpol dan masyarakat yang akan melaksanakan kampanye dalam tatapan Pemilu 2024.

"Mari bersama-sama sukseskan kampanye Pemilu 2024 dengan tertib berlalu lintas yang berkeselamatan,” ucap Akira.

Bagi masyarakat yang akan mengikuti kegiatan kampanye menggunakan kendaraan roda dua, agar selalu menggunakan helm, tidak boleh menggunakan mobil bak terbuka pada saat berkampanye.

Terutama sekali bagi kendaraan roda dua dilarang menggunakan knalpot brong.

"Saya percaya bahwa seluruh kawan-kawan bikers ini setuju menjadi pelopor untuk tertib berlalulintas dalam mensukseskan kampanye Pemilu 2024,” ungkap Akira.

Dia mengingatkan apabila terjadi pelanggaran pada saat kampanye, satuan lalu lintas polres Pelalawan akan melakukan tindakan tegas.

Tindakan yang pertama sekali akan dilakukan yaitu adalah dilakukan secara persuasif.

“Salah satu cara yang dilakukan satlantas adalah melalui deklarasi tertib berlalu lintas yang berkeselamatan dalam setiap tahapan kampanye Pemilu 2024,” tegas Akira. (mcr36/jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler