Polres Rohil Ajak Para Calon Bupati Bergandengan Ciptakan Pilkada Damai

Selasa, 10 September 2024 – 16:10 WIB
Seluruh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil, bergandengan tangan bersama Kapolres Rohil, sepakat menjaga Pilkada agar tetap damai. Foto:Polres Rohil.

jpnn.com, ROKAN HILIR - Polres Rokan Hilir menggelar acara Silaturahmi Serentak bersama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir pada Selasa (10/9) pagi.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Tunggal Panaluan Polres Rokan Hilir dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, sebagai bentuk komitmen untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai dan kondusif.

BACA JUGA: Kapolres Rohil Mengajak Masyarakat Tionghoa Menjaga Kedamaian saat Pilkada

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan sambutan dari Kapolres Rokan Hilir, AKBP Isa Imam Syahroni. Dia menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak demi terlaksananya Pilkada 2024 yang aman dan tertib.

"Pilkada ini adalah pesta demokrasi yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi kita, sekaligus menjadi penentu masa depan Kabupaten Rokan Hilir. Karena itu, seluruh elemen masyarakat harus berpartisipasi penuh untuk menyukseskan Pilkada serentak 2024," ujar Isa.

BACA JUGA: Tiga Calon Bupati Inhu Berkumpul di Polres, Siap Jaga Situasi Pilkada Damai

Isa menggarisbawahi peran penting aparat keamanan dalam menjaga netralitas dan memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan dengan lancar.

"Kepolisian siap mengamankan dan menyukseskan Pilkada serentak dengan menggunakan dua per tiga kekuatan personil kami. Kami juga mengimbau semua pihak untuk mewaspadai ancaman seperti politik uang, black campaign, dan hoaks yang dapat mencederai demokrasi," jelasnya.

BACA JUGA: Cooling System Ciptakan Pilkada Damai, Irjen Iqbal Libatkan Media untuk Tangkal Hoaks

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Rokan Hilir, Eka Murlan dalam sambutannya menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya maksimal untuk mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada.

Ia juga mengingatkan bahwa pada 14 September akan diumumkan hasil verifikasi pasangan calon, dan pada 23 September 2024 akan dilakukan pengundian nomor urut calon.

"Kami berharap, dengan kerjasama yang baik dari semua pihak, Pilkada ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif," ujar Eka Murlan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir, Zubaidah.

"Kami mengedepankan pengawasan dalam setiap tahapan Pilkada yang berlangsung. Pengawasan akan terus kami lakukan hingga ke tingkat kecamatan, untuk memastikan Pilkada ini berjalan dengan aman dan adil," katanya.

Acara ini juga dihadiri oleh Dandim 0321 Rohil, Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara, menyampaikan bahwa silaturahmi ini menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antara pasangan calon dan masyarakat.

"Momentum ini menjadi wadah untuk menjaga kondusivitas selama Pilkada serentak berlangsung. Kami berharap semuanya berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kajari Rokan Hilir, Andi Adikawira Putera, turut menyampaikan harapannya agar Pilkada kali ini bisa menciptakan suasana yang "romantis".

"Acara seperti ini memberikan spirit tersendiri dan memperkuat hubungan emosional yang baik antara seluruh pihak yang terlibat," kata Andi.

Kegiatan silaturahmi yang berlangsung hingga pukul 11.30 WIB ini diakhiri dengan sesi makan bersama dan foto bersama. Selama acara berlangsung, suasana tetap kondusif dan aman.

Hal ini semakin memperkuat komitmen bersama untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang damai, aman, dan demokratis di Kabupaten Rokan Hilir. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler