Cooling System Ciptakan Pilkada Damai, Irjen Iqbal Libatkan Media untuk Tangkal Hoaks

Senin, 09 September 2024 – 13:26 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal saat diwawancarai awak media seusai melaunching lomba karya jurnalistik. Foto: Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, RIAU - Strategi cooling system dan imbauan melalui media ampuh ciptakan Pemilu 2024 di Riau damai, Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal kembali terapkan saat Pilkada.

Kapolda Irjen Mohammad Iqbal mengatakan cooling system merupakan strategi Polda Riau, untuk menciptakan Pilkada damai.

BACA JUGA: Cooling System Pilkada, Polres Rohul Gandeng Mahasiswa Suarakan Tolak Kampanye Hitam

“Ini adalah strategi. Cara kepolisian dan TNI untuk melakukan pendinginan suasana Pilkada,” kata Irjen Iqbal.

Dengan berkolaborasi bersama TNI, Media, hingga pihak terkait lainnya.

BACA JUGA: Polres Siak Juarai Bola Voli Putra Kapolda Riau Cup 2024, Bengkalis Juara Putri

Kegiatan cooling system kemudian diamplifikasi melalui media agar sampai kepada masyarakat.

Irjen Iqbal kemudian melunching lomba karya jurnalistik untuk mendongkrak media mengamplifikasi kegiatan cooling system Polda Riau.

BACA JUGA: Ratusan Pelajar di Rohul Diedukasi Soal Pilkada Damai dan Safety Riding

Lomba dibuka langsung Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal di ruang Media Center 91 Polda Riau, Senin, 9 September 2024.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Ketua KPU Riau Rusidi, Waka Polda Riau Brigjen Polisi K Rahmadi.

Termasuk ketua organisasi wartawan seperti dari IJTI, PWI, AJI, dan organisasi wartawan lain di wilayah Riau.

"Kita mau implementasikan agar hoaks dan sebagainya tidak marak. Sebaliknya kalau kita sampaikan kedamaian, cooling system oleh semua maka kedamaian akan tercipta," lanjut Irjen Iqbal.

Iqbal menyebut Pilkada 2024 Damai bukan hanya tugas TNI-Polri saja. Namun, semua pihak ikut berperan dan perlu menejemen untuk menyampaikan pesan kedamaian di Pilkada Serentak 2024.

"Pilkada damai bukan hanya TNI dan polisi, tapi semua terlibat. Maka harus dilakukan manajemen dan hari ini resmi kita buka lomba ini mulai 9 September-9 Desember. Artinya 3 bulan ini," jelas Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau Kombes Anom Karabianto menyebut lomba ini sebagai wadah jurnalis dan masyarakat untuk bisa berkarya. Khususnya dalam menyukseskan Pilkada Riau yang aman dan damai.

"Melalui lomba ini kami berharap kedepan bisa memenuhi ruang media dengan pemberitaan positif terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di wilayah Riau. Tak terkecuali perjuangan petugas di lapangan," kata Anom.

Terakhir, Anom menyebut informasi terkait perlombaan dapat dilihat di akun Instagram @LPJ.2024. Masyarakat umum hingga mahasiswa dapat mendaftar dengan ketentuan yang telah diatur panitia.

"Mahasiswa, umum, pelajar semua dapat berpartisipasi. Tentu semua sesuai dengan kategori yang kami siapka," tutur Anom. (mcr36/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler