Polresta Pekanbaru Antisipasi Peredaran Uang Palsu Menjelang Pilkada 2024

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 12:18 WIB
Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra. Foto: Source For JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Satreskrim Polresta Pekanbaru meningkatkan patroli untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Salah satu fokus utama dari patroli ini adalah pencegahan peredaran uang palsu, yang sering dikaitkan dengan praktik politik uang dalam setiap pemilihan.

BACA JUGA: Satlantas Polresta Pekanbaru Ajak Pengendara di Jalan Sudirman Ciptakan Pilkada Damai

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra, mengatakan patroli rutin ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif sepanjang proses Pilkada berlangsung.

“Kami ingin memastikan seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pilkada 2024 tanpa rasa khawatir atau terintimidasi oleh ancaman keamanan,” ujar Bery Sabtu (12/10).

BACA JUGA: Satlantas Polresta Pekanbaru Sosialisasi Pilkada Damai di Kawasan Pasar, Tuh Lihat!

Selain pencegahan uang palsu, patroli juga menyasar potensi gangguan kamtibmas lainnya.

Lokasi-lokasi yang dianggap rawan konflik atau kekerasan terkait Pilkada menjadi prioritas pengawasan.

BACA JUGA: Satlantas Polresta Pekanbaru Ajak Pelajar Jadi Influencer Tertib Berlalin-Pelopor Kedamaian Pilkada

Selain itu, tim patroli juga fokus pada penindakan tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, dan kejahatan jalanan lainnya yang berpotensi meningkat saat periode Pilkada.

Patroli ini juga diarahkan untuk mencegah balap liar, yang kerap mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Tak hanya itu, patroli juga menyasar lokasi yang diduga menjadi tempat penyalahgunaan narkoba, guna mencegah gangguan kamtibmas akibat narkoba.

Kompol Bery juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Pekanbaru untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan selama proses Pilkada.

“Jika melihat atau mengetahui aktivitas yang mencurigakan, segera laporkan kepada polisi terdekat,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada calon kepala daerah dan tim pendukungnya untuk tetap berkompetisi secara sehat dan menjunjung nilai-nilai demokrasi, menghindari praktik yang tidak sesuai aturan.

Dengan patroli yang semakin intensif dari Polresta Pekanbaru, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan aman, lancar, dan demokratis.

“Kami berharap seluruh masyarakat dapat memberikan suaranya dengan bebas dan memilih pemimpin terbaik untuk daerahnya,” tutur Kompol Bery.

Patroli ini menjadi bagian dari upaya komprehensif Polresta Pekanbaru dalam mendukung terselenggaranya Pilkada yang damai dan kondusif bagi seluruh lapisan masyarakat. (mcr36/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler