Polrestabes Makassar Musnahkan Ribuan Knalpot Brong yang Disita Selama Operasi Patuh

Jumat, 04 Oktober 2024 – 06:00 WIB
Kapolrestabes Makassar Kombes Mokh Ngajib (kiri) didampingi jajarannya memusnahkan knalpot brong hasil sitaan di halaman Mapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.

jpnn.com, MAKASSAR - Satlantas Polrestabes Makassar beserta jajaran polsek setempat memusnahkan 6.801 buah knalpot brong yang disita dalam Operasi Patuh 2024.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dipotong-potong menggunakan mesin pemotong besi.

BACA JUGA: Puluhan Pemuda di Pelalawan Sukarela Serahkan Knalpot Brong ke Polisi, Oh Ternyata

"Secara serentak kita melaksanakan pemusnahan di polres dan polsek jajaran. Seluruhnya, ada knalpot brong, knalpot bogar sebanyak 6.801 buah. Terdiri dari 6.325 knalpot sepeda motor, dan 476 buah knalpot mobil," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Mokh Ngajib, Kamis.

Pemusnahan knalpot brong yang menimbulkan kebisingan serta tidak sesuai standar SNI hasil, kata kapolres, hasil dari operasi sebulan terakhir di semua jajaran 14 polsek wilayah hukum Kota Makassar.

BACA JUGA: Polantas di Pekanbaru Amankan 47 Kendaraan Balap Liar dan Berknalpot Brong

Pemusnahan ini bertuan agar knalpot brong tidak dapat digunakan serta pemiliknya disanksi tilang guna memberikan efek jera tidak menggunakan kembali knalpot racing pada kendaraannya.

"Ini merupakan hasil dari pada tindakan tegas kepada para pengemudi sepeda motor dan mobil yang menggunakan knalpot brong atau knalpot bogar. Karena sudah sangat mengganggu ketertiban umum. Tentunya, kami menghimbau masyarakat tidak menggunakan knalpot brong," tuturnya.

BACA JUGA: Aksi Heroik Polantas di Pekanbaru Selamatkan Buruh Tersengat Listrik Bertegangan Tinggi

Ngajib mengatakan ribuan knalpot brong ini dimusnahkan sebagai bentuk pencegahan karena telah disalahgunakan pengendara apalagi digunakan balapan liar di jalan raya mengganggu ketertiban umum.

"Menggunakan knalpot brong atau knalpot bogar itu melanggar ketentuan lalu lintas, dan mengganggu ketertiban umum. Kami melarang masyarakat melakukan balapan liar. Apalagi dengan knalpot itu anak-anak muda pasti menggunakannya untuk balapan liar," paparnya.

Ngajib bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Direktur Lantas Polda Sulsel Kombes I Made Agus Prasatya, dan Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Mamat Rahmat meresmikan Tugu Ikan Kakap Merah terbuat dari knalpot brong.

Tercatat ada 5.058 knalpot brong yang dikumpulkan selama satu tahun dari hasil sitaan petugas kepolisian kemudian dibentuk tugu seperti ikan selanjutnya diresmikan di Pos Lantas Fly Over Makassar perempatan Jalan Andi Pangeran Pettarani-Urip Sumoharjo pada 31 Juli 2024.

Kapolres berharap hadirnya tugu ikan yang menjadi ikon baru di Kota Makassar dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat serta menunjukkan komitmen dalam penindakan penggunaan knalpot tidak sesuai standar termasuk menekan kebisingan dan efek jera terhadap pelanggaran lalu lintas. (antara/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bentrok Brimob dan Polantas di Tua Viral, Kombes Aris Aminullah Ungkap Hal Ini


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler