Polri Kerahkan Puluhan Ribu Personel untuk Amankan May Day

Rabu, 29 April 2015 – 18:33 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Polri memastikan akan menerjunkan ribuan personelnya mengamankan peringatan Hari Buruh atau May Day pada 1 Mei 2015 lusa. Sebab, peringatan May Day tidak hanya berlangsung di Jakarta, namun juga di beberapa provinsi di seluruh Indonesia.

Di Jakarta, aksi buruh saat May Day kegiatan akan dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia, lantas bergerak menuju Istana Negara, dan berakhir di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Pemerintah Beri Kado 10 ribu Unit Rusunawa untuk Buruh

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen (Pol) Agus Rianto mengatakan, 18 ribu personel Polda Metro Jaya akan diterjunkan untuk pengamanan May Day di ibu kota. Sedangkan  Polda Jawa Barat mengerahkan sekitar 14 ribu personelnya untuk mengamankan aksi buruh. "Sedangkan di polda-polda lain jumlahnya sesuai kebutuhan," kata Agus, Rabu (29/4).

Khusus di wilayah Polda Metro Jaya, aparat kepolisian akan ditempatkan di objek-objek vital maupun lokasi yang dilewat aksi jalan kaki dari HI menuju Istana dan GBK.

BACA JUGA: Century Tidak Masuk 36 Kasus Prioritas KPK

Beberapa waktu lalu sembilan komponen organisasi buruh sudah beraudiensi dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan sejumlah  pejabat utama di Mabes Polri. Mereka menyampaikan peringatan hari buruh kali ini untuk menuntut tunjangan buruh, jaminan kesehatan, penghapusan outsourcing dan kenaikan upah.

Pada kesempatan itu, perwakilan buruh juga berkomitmen tak ada lagi sweeping di tempat kerja buruh yang tak mau ikut demo, dan tidak ada penutupan jalan tol, serta aksi anarkis.

BACA JUGA: Antara Khofifah, Tiga Presiden dan Untaian Puisi

"Semua sudah disampaikan kepada Pak Kapolri. Dan kita pun siap memberikan pelayanan," kata Agus.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tony Abbott Tahu Arti Penting Indonesia Bagi Australia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler