Polri Usut Kasus Korupsi Pelat Nomor Kendaraan Bermotor

Senin, 12 November 2012 – 14:32 WIB
JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar mengungkapkan saat ini Badan Reserse dan Kriminal Polri
tengah mengusut  kasus dugaan korupsi pengadaan Pelat Nomor Kendaraan Bermotor (PNKB) di Korlantas Polri. Bareskrim juga telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) pada Kejaksaan Agung terkait kasus itu sejak Oktober lalu.
Meski surat tersebut sudah diserahkan, Boy mengaku belum dapat mengungkapkan identitas tersangka dalam kasus itu.

"Saat ini sedang dilakukan pengumpulan alat bukti terkait peristiwa itu. Memang belum sampai pemeriksaan tersangka. Saya tidak bisa sebutkan dulu," ujar Boy saat jumpa pers di kantor Divisi Humas Polri, Senin (12/11).

Ia mengatakan penyidikan masih berjalan dengan pemeriksaan saksi-saksi yang juga terkait dengan kasus dugaan korupsi di proyek pengadaan alat simulator SIM di Korlantas. Boy sendiri mengaku belum mengetahui nama perusahaan rekanan yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

"Masih melengkapi alat bukti karena tentu ini agar tidak terjadi timpang tindih dengan pemeriksaan kepada mereka, terkait kasus simulator. Kasus simulator kan sudah kita ketahui, sedang berjalan penyidikannya, semua diserahkan ke KPK. Kita harus lihat waktu yang pas untuk juga periksa terkait dengan personel yang saat ini dilakukan pemeriksaan," papar Boy.

Seperti diketahui, selain proyek pengadaan simulator surat izin mengemudi (SIM) senilai Rp 196 miliar, diduga ada dua proyek lain yang bermasalah di Korlantas Polri pada 2011 lalu, yakni proyek PNKB senilai Rp 500 miliar dan STNK-BPKB dengan nilai Rp 300 miliar. Ketiga proyek ini diduga sarat unsur korupsi.

Berembus kabar bahwa KPK juga telah mencium adanya kasus korupsi lain di Korlantas Polri. Namun,saat dikonfirmasi mengenai proyek PNKB tersebut, Juru Bicara KPK Johan Budi beberapa waktu lalu mengatakan, KPK belum menyentuh proyek lain di Korlantas Polri selain simulator SIM.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Periksa Mantan Meneg BUMN

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler