Ketika Dell Fisher bergabung pertama kali menjadi Polwan di jajaran Kepolisian Queensland di tahun 1973, seragamnya masih rok pendek, sepatu hak tinggi, dan tas untuk menyimpan pistol.

Di tahun 1973 di usia 17 tahun, Dell Fisher merupakan angkatan pertama yang menjadi polwan.

BACA JUGA: Bahasa Aborigin Diajarkan untuk Anak TK di Canberra

Kepala  polisi Queensland, Ray Whitrod ketika itu baru saja membuka lowongan bagi wanita untuk menjadi polisi sebagai langkah untuk mengurangi korupsi.


Dell Fisher lulus sebagai polisi wanita di tahun 1973.(Supplied: Queensland Police Service)

BACA JUGA: Pertanian Organik Hanya Tren atau Justru Masa Depan Pertanian?

 

Dan sekarang setelah bertugas selama lebih dari 40 tahun, Dell Fisher yang berpangkat sersan ini hampir pensiun.

BACA JUGA: Diperlakukan Buruk, Pengungsi di Nauru Ingin Bunuh Diri Bersama

Dia mengatakan polwan di tahun 1970-an dibandingkan sekarang sangat berbeda karena ketika itu polisi dianggap sebagai pekerjaan untuk pria saja, dan wanita tidak disambut dengan baik.

"Jadi ketika itu kami mendapatkan tugas hal-hal yang tidak mau dikerjakan oleh polisi pria, karena itu dianggap pekerjaan perempuan, seperti misalnya mengatur surat-surat yang masuk atau menjadi sopir bagi inspektur polisi senior." kata Fisher.

"Jadi pada awalnya tugas kami lebih berat karena kami diremehkan."

"Di satu saat, saya ditugaskan ke kantor polisi di Toowong dan sersan kepala di sana mengatakan 'besok, datang dengan pakaian preman' dan saya berpikir wah pasti ada tugas menarik."

"Eh ternyata besoknya saya disuruh mengepel lantai kantor polisi sebelum polisi pria lainnya datang. Itulah tugas yang harus saya kerjakan." tambah Dell Fisher.

Sersan Fisher mengatakan perubahan baru terjadi setelah adanya penyelidikan yang disebut penyelidikan Fitzgerald mengenai korupsi di Queensland.

"Kepolisian Queensland terkejut dengan apa yang terjadi. Banyak polisi yang terkejut dengan tindak polisi lainnya, yang  melakukan tindakan korupsi.'

"Kami menyambut baik penyelidikan itu, dan perubahan yang terjadi karena dengan itu kami bisa memecat orang-orang yang tidak benar dari jajaran kepolisian."

Sersan  Fisher akan pensiun bulan Juli nanti ketika usianya 60 tahun, batas atas bagi petugas polisi aktif untuk berhenti. Sebenarnya Fisher berharap dia bisa mencapai pangkat Sersan Senior namun keinginan itu tidak tercapai.

"Saya hampir berhasil mencapai target itu dan sekarang saya berharap akan lebih banyak wanita yang mencapai posisi lebih tinggi di jajaran Kepolisian Queensland."

Setelah pensiun, Dell Fisher berharap akan terus melayanan masyarakat, dan sedang mempertimbangkan untuk menjadi relawan di rumah panti asuhan di sebuah negara dunia ketiga.


Sekarang Dell Fisher memasuki usia pensiun 60 tahun bagi polisi bulan Juli.(ABC News)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aturan Donasi Politik di Australia Perlu Direformasi

Berita Terkait