PON XX Papua Mungkin Pengabdian Terakhir Atlet Selam Terbaik Jawa Timur

Kamis, 14 Oktober 2021 – 15:01 WIB
Altet selam senior Jawa Timur Pricilia Gunawan memamerkan medali perak yang dia dapat di PON XX Papua. Foto: (Derwin/KONI Jatim)

jpnn.com, JAYAPURA - Gelaran PON XX Papua 2021 tampaknya bakal jadi pengabdian terakhir bagi atlet selam Jawa Timur, Priscillia Gunawan.

Pricilia sejatinya sempat mengutarakan niat untuk pensiun dari olahraga senam setelah berjibaku di PON Jawa Barat 2016.

BACA JUGA: Final Sepak Bola PON XX Papua: Bomber Tuan Rumah Dekati Rekor Boaz Solossa

Namun, dia memutuskan kembali tampil membela Jawa Timur di PON XX Papua. Lebih hebatnya, Pricilia berhasil membawa pulang medali perak di nomor 6.000 meter finswimming laut putri.

Pricilia sendiri merupakan nama yang cukup disegani di olahraga selam. Dia telah berulangkali membela Jawa Timur di ajang PON maupun kejuaraan nasional lainnya.

BACA JUGA: Basket 3x3 PON Papua: Sumut Pilih WO, DKI Jakarta Susul Jatim ke Semifinal

Diusianya yang menginjak 36 tahun, kehebatan Pricilia belum luntur. Tak terhitung berapa banyak medali emas yang dia berikan untuk kontingen Jawa Timur.

Itu sebabnya nama Pricilia tetap menjadi kepercayaan Pengprov Jawa Timur untuk turun di sejumlah kejuaraan selam, termasuk PON XX Papua.

BACA JUGA: Jelang PON XX Papua 2021 Berakhir, 55 Rekor Baru Tercipta

"Dia sebenarnya sempat istirahat setelah PON Jabar. Cuma kami meminta dia untuk mendampingi adik-adiknya di PON kali ini," terang Ketua Pengprov POSSI Jatim, Mirza Muttaqien.

Awalnya, Pricilia hanya masuk Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) tim selam Jatim sebagai sparing partner. Bahkan, dia sebenarnya tidak ditargetkan untuk berlomba di PON Papua.

Namun, berkat kualitas yang dimilikinya, Pricilia diplot untuk turun di nomor laut PON Papua. Sedangkan atlet senior lainnya, Angeline Soegianto tampil di nomor kolam.

Pricilia yang turun di nomor laut putri berhasil menyabet medali emas usai menorehkan catatan waktu 1 jam 19 menit 13,27 detik. Hanya terpaut satu detik dari Annisa Fabiola (Papua) yang menggondol emas.(konijatim/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler