Ponpes Diminta Kembangkan Sains

Selasa, 27 Maret 2012 – 23:04 WIB

JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali meminta kepada seluruh pondok pesantren (ponpes) untuk dapat lebih mengembangkan sains. Pasalnya, Indonesia saat ini dinilai berpotensi untuk perkembangkan teknologi dan sains karena banyak siswa yang berprestasi di ajang olimpiade.

"Sains saat ini sangat dibutuhkan dan perlu dikembangkan. Maka itu, saya mengimbau kepada pondok pesantren maupun madrasah untuk bisa mengembangkan ilmu tersebut. Kita sangat berpotensi, "ungkap Surdyaharma di Jakarta, Selasa (27/3).

Ketua Umum PPP ini menjelaskan, salah satu ilmu pendidikan yang patut ditekuni adalah ilmu mengenai teknologi nuklir. Dengan menekuni ilmu tersebut, maka ke depannya diharapkan dapat membantu mengembangkan ekonomi kerakyatan. Misalnya, seperti kegiatan pengawetan ikan, bakso dari ikan dan produk lainnya berbahan dasar ikan.

Tidak hanya itu, terang Suryadharma, saat ini juga sangat marak makanan yang diawetkan dengan menggunakan formalin. "Sebenarnya, jika kita mampu menekuni ilmu nuklir ini, kita bsia menyiasati untuk tidak menggunakan formalin tetapi menggunakan teknologi nuklir untuk mengembangan proses pengawetan makanan, " imbuhnya.

Dengan begitu, Suryadharma optimis bahwa perkembangan ilmu pendidikan di ponpes dapat lebih meningkat dan juga memberikan nilai tambah bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. "Sehingga ponpes juga bisa dinilai memiliki inovasi dan kreatifitas,"imbuhnya. (cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... SMK Dhuafa Segera Dibuka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler