Poros Buruh Untuk Perubahan Siap Memenangkan Anies-Muhaimin

Minggu, 15 Oktober 2023 – 23:31 WIB
Poros Buruh untuk Perubahan siap memenangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pemilu 2024. Foto: Is.

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah serikat buruh di DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan bagi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pemilu 2024 di kantor DPC FSP LEM Jakarta Timur, Pulo Gebang, Cakung, Minggu (15/10).

Kelompok yang menamakan diri Poros Buruh Untuk Perubahan ini siap memenangkan pasangan bakal calon presiden-bakal calon wakil presiden yang didukung NasDem, PKB dan PKS ini di Pilpres 2024.

BACA JUGA: THN Anies Baswedan Gembleng Trainer Saksi Demokrasi di Yogyakarta

"Kami Gabungan Serikat Buruh Serikat Pekerja dengan ini mendeklarasikan pemenangan untuk Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Menyatakan secara bersama-sama membentuk sukarelawan pemenangan dengan nama Poros Buruh Perubahan Untuk Perubahan Anies Baswedan Muhaimin Iskandar Presiden & Wakil Presiden 2024-2029," demikian deklarasi yang dibacakan bersama-sama oleh buruh yang hadir.

Deklarasi ini merupakan kelanjutan dari Deklarasi Poros Buruh Untuk Perubahan, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/10) dan akan terus dilakukan konsolidasi di berbagai kota.

BACA JUGA: Punya Peran Memenangkan Jokowi, Rumah di Jalan Cemara Menjadi Media Center TPN Ganjar

Koordinator Poros Buruh Andy Nuryahya dari DPD LEM SPSI DKI Jakarta mengatakan buruh di DKI Jakarta akan ikut mengantarkan pendafaran pasangan AMIN ke KPU Pusat, 19 Oktober mendatang.

Ketua DPD SPSI DKI Jakarta Syamsul Bahri mengatakan buruh bukan mau berpolitik.

BACA JUGA: Prabowo Dinilai Paling Berkepentingan dengan Putusan MK soal Usia Capres-Cawapres

Namun melihat dari tiga kandidat presiden yang ada saat ini, hanya Anies yang peduli pada buruh.

Menurut Syamsul, Anies telah menaikkan UMR di DKI lebih tinggi dari ketentuan dan selalu menemui buruh saat berunjuk rasa.

"Jadi kami mendukung dan akan memenangkan pasangan Anies-Muhaimin," ucapnya.

Sementara itu Ketua DPC FSP LEM SPSI Jaktim Endang Hidayat mengatakan buruh DKI Jakarta sudah mendeklarasikan dukungan ke Anies sejak 31 Maret 2023.

Dia lantas mengajak seluruh masyarakat, khususnya keluarga para buruh untuk memilih Anies pada Pilpres 2024 nanti.

"Pak Anies sudah teruji kepemimpinannya, paling religius dan kinerjanya bagus," kata Endang.

Perwakilan dari FSB Garmen, Kerajinan Tektil Kulit dan Sentra Industri SBSI Yumana Sagala mengatakan Anies memberikan Kartu Pekerja saat jadi Gubernur di DKI Jakarta.

Dia berharap kebijakan itu bisa berlaku se-Indonesia karena sangat membantu keluarga, termasuk juga pemberian KJP (Kartu Jakarta Pintar).

"Karena itu ayo ajak keluarga untuk memenangkan Anies. Jangan terlena dengan politik uang yang cuma Rp 100 ribu," ucapnya.

Ketua DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta Yusuf Suprapto mengatakan buruh Jakarta harus memenangkan AMIN karena buruh Jakarta ingin menyumbangkan Anies untuk Indonesia.

"Kami mengusung capres bukan pepesan kosong, tetapi mengusung capres yang bisa menghancurkan 10 setan industri di tanah air," katanya.

Yusuf lantas menyebut salah satu yang dimaksud dengan setan industri yakni upah murah.

Pimpinan serikat buruh, serikat pekerja yang mendeklarasikan dukungan bagi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pemilu 2024, antara lain Syamsul Bahri (DPD KSPSI DKI Jakarta), Yusup Suprapto (DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta), Endang Hidayat (DPC LEM Jakarta Timur).

Farudi (Forum Pekerja Sektor Pelabuhan Jakarta), Natali (Gabungan Serikat Buruh Mandiri Jakarta), Yumana Sagala (Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia).

Pandu (Serikat Pekerja Transportasi Seluruh Indonesia), Eko (RTMM DKI Jakarta) dan Akbar (FSPSI Bersatu). (gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Didoakan Pengasuh Ponpes Bumi Shalawat, Pasangan AMIN Siap Jadi Pendaftar Pertama di KPU


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler