Portugal v Korut: Sejarah Bisa Berulang

Senin, 21 Juni 2010 – 05:50 WIB
GAGAL - Cristiano Ronaldo menampakkan ekspresi kesal, saat salah sebuah peluangnya gagal berbuah gol, dalam laga lawan Pantai Gading, 15 Juni lalu. Foto: Laurence Griffiths/Getty Images/FIFA.com.

CAPE TOWN - Korea Utara (Korut) memang kalah pada partai pertama di Piala Dunia 2010 dari Brazil, tapi performa mereka memaksa lawan mereka berikutnya waspadaApalagi, mereka punya reputasi sebagai tim yang kerap bikin kejutan.

Tentu saja, Portugal belum lupa memori 44 tahun silam ketika mereka nyaris tumbang di tangan Korut pada perempat final Piala Dunia 1966

BACA JUGA: Misi Menyelamatkan Harga Diri

Kini, mereka tergabung di grup yang sama, grup maut di Piala Dunia 2010, yakni grup G.

Pada saat yang sama, Portugal butuh menang dengan selisih gol yang besar agar menjaga kans lolos ke babak 16 besar
Itulah misi mereka ketika menghadapi Korut pada laga malam nanti di Stadion Cape Town (tayangan langsung Global TV pukul 18.30 WIB).

Saat ini, Portugal baru mengoleksi satu angka dari satu pertandingan

BACA JUGA: Brazil Tekuk Pantai Gading 3-1

Mereka tentu berharap bisa menang pada pertandingan kedua, dan pada laga lain Brazil mampu menekuk Pantai Gading (yang memang akhirnya terjadi, Red)
Dengan begitu, pada laga ketiga kontra Brazil, mereka hanya butuh seri.

Mengingat performa buruk pada laga pertama, tugas Portugal bakal berat

BACA JUGA: Lorenzo Menang Jauh di Depan

"Anda akan selalu nervous tatkala melakoni pertandingan pertama pada Piala DuniaKami yakin bisa lebih tenang pada partai kedua," beber Liedson, striker Portugal, seperti dikutip Canadian Press.

"Pada pertandingan pertama, banyak tim yang menghindari resikoPada laga kedua, segalanya menjadi lebih jelasKami mengambil inisiatif tanpa menunggu lawanKami harus menyerang sedari awal," ujar pelatih Portugal, Carlos Queiroz.

Sayang, ada kabar buruk dari skuad PortugalDeco, gelandang gaek Portugal, sempat cedera panggul dan dia terancam tak bisa turun lapanganProblemnya, tidak ada pengganti yang sepadan, karena Joao Moutinho tak dibawa ke Afsel.

Portugal juga sangat berharap Cristiano Ronaldo berada pada puncak performaStriker Real Madrid itu sudah lama tidak mencetak gol bagi tim berjulukan Seleccao ituRonaldo mandul sejak terakhir kali mencetak gol di Euro 2008.

Namun, kubu Korut menilai, Ronaldo tetaplah pemain yang paling mereka waspadai"Ronaldo bahkan lebih baik daripada Eusebio (legenda sepak bola Portugal, Red)Baik dari segi skill maupun teknik permainan," papar Jong Tae-Se, striker Korut.

Chollima - julukan Korut - sendiri masih akan mengandalkan strategi bertahan dan mengandalkan serangan balikTerbukti cara itu cukup efektif untuk meredam Brazil"Saya yakin, cara itu akan membawa kami melaju ke babak berikutnya," koar Tae-Se(ham)

Perkiraan Pemain

Portugal (4-3-3): 1-Eduardo (g); 3-Ferreira, 2-Alves, 6-Carvalho, 23-Coentrao; 19-Tiago, 8-Mendes, 16-Meireles; 7-Ronaldo, 9-Liedson, 10-Danny
Pelatih: Carlos Queiroz

Korut (5-3-2): 1-Myong Guk (g); 2-Jong Hyok, 13-Chol Jin, 3-Jun Il, 5-Kwang Chon, 8-Yun Nam; 11-In Guk, 17-Yong Hak, 4-Nam Chol; 10-Young Jo, 9-Tae Se
Pelatih: Kim Jong-Hun

Stadion: Cape Town
Wasit: Pablo Pozo (Cile)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Trofi NBA Menuju Surabaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler