PP GPMB Melantik Pengurus Daerah Secara Serentak di Indonesia

Jumat, 10 September 2021 – 11:44 WIB
Suasana saat Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PP GPMB) melaksanakana pelantikan secara serentak pengurus di berbagai daerah di Indonesia pada Kamis (9/9). Foto: Dok. PP GPMB

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PP GPMB) melaksanakan pelantikan secara serentak Pengurus Daerah di sembilan provinsi dan empat kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh hampir 200 orang pengurus GPMB dan pegiat literasi baik di tingkat pusat maupun daerah.

BACA JUGA: Peringati Hari Buku Nasional, GPMB Konsisten Dalam Membudayakan Minat Baca dan Literasi

Adapun wilayah yang dilantik yaitu Provinsi Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Bali, Papua. Kemudian, pengurus Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa di Provinsi Sulut serta Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Grobogan di Provinsi Jawa Tengah.

Para pengurus daerah (PD GPMB) yang baru dilantik ini akan mengemban tugas selama periode 2021-2025.

BACA JUGA: Begini Upaya Pemerintah Meningkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat Indonesia

Pelantikan tersebut diselenggarakan oleh Biro Organisasi PP GPMB berkolaborasi dengan PD GPMB di berbagai wilayah pada hari Kamis, 9 September 2021.

Kepala Biro Bina Organisasi Wilayah dan Daerah PP GPMB Rahayuningtyas selaku ketua panitia acara mengatakan kegiatan ini terlaksana melalui koordinasi yang efektif bertumpu pada komunikasi yang santun dan kekeluargaan namun tetap dalam koridor aturan formal kedinasan. Pasalnya, sebagian peserta adalah pejabat dan staf Dinas Perpustakaan dan Arsip di masing-masing daerah.

BACA JUGA: Aksi KRI Albakora-867 Ini Jadi Kado Terindah Bagi TNI AL

Ketua Umum PP GPMB Dr. Tjahjo Suprajogo melantik para calon Pengurus Daerah GPMB Provinsi dan Kabupaten/Kota tersebut.

Tjahjo menyampaikan tahun 2021 GPMB telah berusia 20 tahun, sebuah usia yang cukup dewasa untuk berkarya lebih baik dalam peningkatan minat baca masyarakat.

“Oleh karena itu, seluruh pengurus daerah harus kompak dan berkomitmen kuat dalam mengemban misi mulia ini, demi generasi penerus bangsa kita mendatang,” ujar Tjahjo.

Kepala Humas PP GPMB Dani Akhyar menambahkan akan banyak acara berskala nasional dalam rangka HUT ke-20 GPMB, antara lain Rakornas dan Muspimnas pada tanggal 16 September 2021 dan Seminar Nasional pada tanggal 5-6 Oktober 2021.(fri/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler