Pra-KTT Y20, Soroti Kesadaran Keuangan Digital Anak Muda

Senin, 25 April 2022 – 03:07 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Foto dok humas Pra-KTT Y20

jpnn.com, LOMBOK - Indonesia resmi membuka Pra-KTT ke-2 Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 di Lombok, Sabtu (23/4) dengan membahas mengenai peningkatan kesadaran anak muda terhadap keuangan digital.

Hari pertama Pra-KTT mengangkat tema Reaping the Benefits of Digital Transformation: Raising Youth Digital Financial Awareness.

BACA JUGA: TOP, PLN Group Raih 4 Penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2022

Forum ini menyoroti kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan generasi muda.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi mengatakan, kemajuan teknologi digital menghadirkan kesempatan sekaligus tantangan bagi anak muda.

BACA JUGA: Bongkar Chat Selingkuhan Suaminya, Medina Zein: Zaman Sekarang Pelakor Lebih Galak

“Kemajuan teknologi digital berdampak pada generasi muda. Intervensi pemerintah khususnya di negara G20 perlu menjadi contoh," ujar Budy.

"Suara anak muda adalah suara masa kini dan masa depan. Apa yang kita hasilkan hari ini dan esok tidak hanya mewakilkan suara anak muda di Indonesia atau di negara G20, tetapi anak muda di seluruh dunia," tambahnya.

BACA JUGA: Cak Imin Minta Pemerintah Segera Sediakan Vaksin Halal Sesuai Putusan MA

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, literasi layanan keuangan digital di kalangan milenial masih menjadi tantangan besar bangsa ini.

Jika tidak diimbangi peningkatan literasi di kalangan pemuda, maraknya perkembangan layanan keuangan digital justru akan berdampak negatif.

“Namun, masih ada tantangan besar, terutama mengenai tingkat literasi layanan keuangan digital di kalangan anak muda,” tutur dia.

Karena itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mendorong generasi muda untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan minat baca mereka mengenai keuangan digital.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengajak anak muda untuk memainkan peran aktif sebagai agent of change di tengah disrupsi digital.

Pemerintah pun telah melakukan sejumlah upaya untuk mendorong transformasi digital lewat pembangunan konektivitas WiFi di desa.

Senada, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate juga menekankan bagaimana anak muda Indonesia memiliki peran sebagai agent of change.

“Kita tahu Bill Gates mendirikan perusahaannya saat berumur 19 tahun. Steve Jobs juga mendirikan Apple di umur 21 tahun. Ini menandakan anak muda bagaimana memimpin transformasi digital baik nasional maupun global,” jelas Johnny.

Menurutnya, anak muda zaman sekarang yang lahir dikelilingi oleh digital ekosistem punya peran penting sebagai agent of change dalam lanskap digital saat ini.

Adapun diskusi hari pertama Pra-KTT ke-2 Y20 2022 menghadirkan sejumlah kalangan profesional.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disiksa di Lorong Hotel, Medina Zein: Anak Saya Akan Malu Seumur Hidup Punya Bapak Kayak Kamu


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler