Prabowo-Erick Thohir Pemimpin Idaman Masyarakat Menjelang Pilpres 2024

Senin, 28 Agustus 2023 – 18:00 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersama Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut menjadi sosok pemimpin ideal menjelang Pemilihan Presiden 2024. Kedua sosok ini disebut-sebut diidamkan rakyat Indonesia.

Pengamat politik Citra Institute Efriza meyakini kedua menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu menjadi kandidat kuat pemimpin Indonesia selanjutnya.

BACA JUGA: Partai Gelora akan Deklarasi Dukung Prabowo, Airlangga: Makin Banyak Makin Bagus

“Kalau Prabowo dengan Erick Thohir memang itu sangat diidamkan oleh koalisi itu, terutama didorong oleh PAN,” kata Efriza dalam keterangan tertulis, Senin (28/8).

Dia mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dinilai bisa menerima apabila Erick Thohir menjadi cawapres pendamping Prabowo.

BACA JUGA: Punya Kompetensi Mumpuni, Erick Thohir Dinilai Sebagai Cawapres Terkuat di Pilpres 2024

Menurut dia, hal itu mengingat Erick Thohir merupakan bagian dari keluarga besar Nadhlatul Ulama (BU), yakni sebagai anggota Kehormatan Banser.

Ketum PSSI itu bahkan telah menerima amanah dari PBNU sebagai ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah Ke-100 NU.

BACA JUGA: Erick Thohir Cawapres dengan Kinerja Terbaik dan Dapat Dukungan Kalangan NU

Hal ini memperlihatkan kedekatan eks presiden Inter Milan tersebut dengan PBNU.

“Dan tentunya bisa diterima oleh Muhaimin karena bagaimanapun Erick Thohir representasi NU dan nama Prabowo makin menguatkan dia sebagai identitas pemerintah. Makanya Erick Thohir di posisinya Prabowo begitu tinggi,” ucap Efriza.

Nama Prabowo dan juga Erick Thohir akhir-akhir ini memang mendapatkan banyak perhatian publik. Selain keduanya merupakan menteri di Kabinet Indonesia Maju, Prabowo-Erick juga merupakan dua nama menteri yang kerap mendampingi Presiden Jokowi di berbagai kesempatan.

Seperti terlihat beberapa hari yang lalu kala Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir berada di satu kendaraan taktis bernama Maung dalam rangka kunjungan presiden ke pabrik PT Pindad di Jawa Timur.

Atas kedekatan yang terjalin di antara ketiga sosok tersebut, hal itu kian menguatkan bahwa adanya sinyal dukungan yang tertuju dari Presiden Jokowi kepada Prabowo maupun Erick Thohir.

Maka dari itu, pasangan Prabowo-Erick Thohir saat ini digadang-gadang sebagai capres-cawapres terkuat yang bisa mendulang suara tertinggi pada Pilpres 2024 mendatang.

Anggapan itu dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Political Weather Station (PWS) pada periode survei 13 – 20 Agustus 2023.

Dari hasil survei yang dikeluarkan oleh PWS tersebut, bila Prabowo resmi berpasangan dengan Erick Thohir, maka akan mendapatkan total elektabilitas sebesar 40,8 persen. Angka elektabilitas ini lebih tinggi dari pasangan lain.

Seperti duet Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno yang hanya mengumpulkan dukungan 36,4 persen dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono yang hanya meraup 21,3 persen. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler