Prabowo Makin Bersinar Seusai Bertemu Paloh, Hensat: Baru Kali Ini Dia Negarawan

Jumat, 03 Juni 2022 – 19:45 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh seusai mengadakan pertemuan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio mengatakan Ketum Gerindra Prabowo Subianto memperoleh citra positif setelah bertemu dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

Sebab, kata dia, Prabowo siap memberikan tiket Pilpres 2024 kepada sosok yang dianggap mumpuni.

BACA JUGA: Surya Paloh Bisa jadi King Maker Pilpres 2024, yang Penting Ayunannya Tak Salah

Praktis, kata Hensat sapaan Hendri Satrio, Prabowo bisa dianggap publik sebagai tokoh yang memiliki kenegarawanan dalam berpolitik.

"Jadi, yang jelas terlihat ke publik ialah sikap kenegarawanan Prabowo yang mengatakan bahwa dia (Prabowo, red) siap mencalonkan siapa saja, tidak harus dirinya," kata dosen Universitas Paramadina itu melalui layanan pesan, Jumat (3/6).

BACA JUGA: Pertemuan Paloh dan Prabowo Sekadar Cipika-cipiki, Tidak Hasilkan Koalisi

Hensat melanjutkan bahwa ucapan Prabowo yang siap memberikan tiket itu relatif jarang terdengar sebelum mantan Danjen Kopassus itu menjabat Menhan RI di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo sebelum menjadi Menhan RI biasanya cukup agresif ketika disinggung pencapresan dengan mengaku siap maju sebagai kandidat.

BACA JUGA: Surya Paloh & Prabowo Bertemu, Khoirul Umam: Penjajakan Koalisi Makin Intensif

"Sebenarnya itu sangat menyenangkan. Sejak dia menjadi menteri Jokowi, baru kali ini dia membuat pernyataan ala negarawan dengan siap memberi tiket ke anak bangsa lain dan tidak harus dirinya," beber Hensat.

Dia pun menyebut beberapa sosok seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bisa diusung Prabowo apabila mantan Pangkostrad itu tidak maju pada Pilpres 2024.

"Anies dan Ganjar layak dicalonkan serta beberapa nama Kuda hitam seperti Puan Maharani, Andika Perkasa maupun Bu Susi Pudjiastuti," kata Hensat.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bicara kriteria sosok calon presiden (capres) 2024. 

Hal itu disampaikan Prabowo usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat (1/6).

"Saya kira itu kriteria paling penting dan juga kalau bisa yang berpengalaman,” ujar Prabowo saat menjawab pertanyaan wartawan soal kriteria Capres 2024.

Pria kelahiran Jakarta itu kemudian mengaku sosok Capres 2024 tidak harus dirinya. Jika ada yang berkompeten dan kapabel, wajib menawarkan diri kepada negara.

“Tidak harus Prabowo, siapa saja. Jadi begini, ya, saya ini belajar dari sejarah, dari suatu republik yang baik adalah kewajiban setiap warga negara yang mampu fisik, intelek, jasmani, dan kondisi ekonomi dirinya dan keluarganya wajib untuk menawarkan dirinya kepada negara dan bangsa, jadi wajib,” ujar Prabowo. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler