Prabowo - Sandi Bakal Umumkan 80 Nama Calon Menteri, Termasuk Sri Mulyani?

Kamis, 11 April 2019 – 14:02 WIB
Sri Mulyani. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan mengumumkan 80 nama calon menteri dan pembantu di kabinet.

Dalam sejumlah kampanyenya, Prabowo memang sering melempar nama-nama yang dianggapnya layak jadi menteri. Sebut saja Presiden PKS Sohibul Iman, mantan gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketum PAN Zulkifli Hasan serta Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

BACA JUGA: Dulu Coblos Prabowo, Anji Kini Pilih Jokowi

Tak hanya Prabowo. Sandiaga Uno pun beberapa kali mengungkapkan hal serupa. Awal pekan lalu misalnya, Sandi bicara kemungkinan akan menggandeng sejumlah menteri Jokowi yang berprestasi. Salah satu yang disebut antara lain Sri Mulyani.

Sandi mengatakan, selama mereka memiliki prestasi, punya tata kelola yang baik, budi pekerti dan akhlakul karimah, tentu saja akan dirangkul demi kemajuan.

BACA JUGA: Arya Sinulingga Curhat soal Prabowo, Termasuk yang Gebrak Podium

Nah, rupanya, penyebutan nama calon menteri itu bukan hanya wacana. Seperti dilansir RMco.id, Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said memastikan Jumat (12/4) besok Prabowo akan mengumumkan para calon menteri di kabinetnya jika memenangi Pilpres 2019.

Para calon menteri ini akan diundang saat kampanye akbar di Surabaya. Sudirman menyebut, 80 orang ini akan diperkenalkan sebagai menteri dan para pembantu, apabila Prabowo menang Pilpres.

BACA JUGA: Prabowo Janjikan Posisi di Pemerintahan Buat AHY dan Fadli Zon

(Baca Juga: Fahri Hamzah Sarankan Prabowo Umumkan Semua Calon Menteri)

Namun, Sudirman tak mau membuka, siapa saja 80 orang yang dimaksud. Dia memberi bocoran, mereka merupakan orang-orang yang sering ikut diskusi pakar selama masa kampanye berlangsung.

Dari 80 orang tersebut, Sudirman menjelaskan sebanyak 34 akan menduduki posisi menteri. Sisanya, diproyeksikan menempati jabatan kepala lembaga negara bahkan pimpinan BUMN.

"Kami bicara posisi kabinet, tapi keseluruhan. Punya 3.000 orang aja enggak cukup. Nanti akan diumumkan di Surabaya tanggal 12. Pak Prabowo akan pidato dan menjelaskan itu," kata Sudirman di Jakarta, Rabu (10/4).

Rencana pengumuman nama calon menteri itu juga diamini Ketua DPP Gerindra Habiburokhman. "Saya dengar ada 80 putra terbaik bangsa. Tapi belum fixed," ujarnya.

Rencana ini menuai kritik kubu Jokowi-Maruf. Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Nasrullah Zubair geleng-geleng kepala. Kata dia, apa yang dilakukan Prabowo tersebut tidak elok. "Apa kata dunia, jika 80 orang nama yang sudah diumumkan tersebut batal mendapatkan jabatan menteri? Malu kan?" kata Inas, sapaan akrab Nasrullah.

Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, hal ini dilakukan Prabowo untuk memperluas jaringan pendukung. Juga menambah simpati masyarakat pada Pilpres 2019. "Ini merupakan sarana untuk memperluas jaringan pendukung dan menambah simpati," kata Hendri, Rabu (10/4). (bcg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasto Beberkan Perbedaan Kekuatan Salaman Jokowi Vs Sandiwara Prabowo - Sandi


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler