Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi KPU, Bagaimana Hasil Pileg?

Rabu, 15 Mei 2019 – 13:33 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo tidak mempersoalkan sikap calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menolak hasil penghitungan suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU karena dianggap banyak kecurangan.

Bambang mengatakan, setiap warga negara berhak menyampaikan berbagai hal termasuk dugaan kecurangan pemilu legislatif maupun pilpres. Negara, lanjut dia, sudah menyiapkan saluran-saluran untuk menyampaikan dugaan adanya kecurangan secara legal atau official.

BACA JUGA: 2 Kali Pilpres Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi KPU, Seharusnya Malu pada Rakyat

Bambang mengingatkan, bukti faktual sangat dibutuhkan ketika melakukan gugatan di pengadilan Mahkamah Konstitusi (MK).

Karena itu, dia mengimbau pihak yang tidak puas nanti untuk melakukan gugatan ke MK dengan menyiapkan bukti-bukti faktual. “Itulah sistem hukum yang berjalan termasuk di negara kita,” ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/5).

BACA JUGA: Prabowo: Menyerah Berarti Berkhianat kepada Negara, Bangsa, dan Rakyat

Pria yang akrab dipanggi Bamsoet itu mengatakan, kalau pilpres nanti tidak diakui, maka akan ada konsekuesinya. Salah satunya adalah berdampak juga pada hasil pileg.

BACA JUGA: Beredar Ajakan Tolak THR PNS, KASN: Mengapa Tidak Keluar Sekalian?

BACA JUGA: Prabowo Subianto Bikin Surat Wasiat

Padahal, para partai pengusung kedua pasangan capres – cawapres udah melakukan pencapaian yang maksimal bagi caleg-calegnya.

Yang menjadi pertanyaan, lanjut Bamsoet, apakah nanti harus diadakan pemilu ulang untuk pilpres dan pileg.

“Apakah caleg-caleg mereka, kami semua yang sudah berdarah-darah kemarin ingin mengulang lagi? Kan itu pertanyaannya. Karena itu suatu paket atau kesatuan pileg dan pilpres yang diadakan langsung dalam satu hari,” kata dia.

Bambang mengajak semua pihak untuk berdewasa dalam berpolitik. Dia menegaskan, kalau memiliki bukti sah terjadi kecurangan ada saluran yang sudah disiapkan negara yakni MK.

“Sehingga kalau nanti ternyata benar dan dimenangkan, itu sudah langsung secara official dan legal, dialah yang ditunjuk sebagai pemenang,” ujar politikus Partai Golongan Karya, itu.

Menurut dia, kalau hanya pembentukan opini maka hanya akan menghasilkan kebisingan dan ketidaknyamanan masyarakat. Sekali lagi, Bamsoet mengimbau seluruh elite 01 dan 02 segeralah meredakan tensi politik. Dia menegaskan, dahulukan kepentingan bangsa yang lebih besar.

BACA JUGA: 2 Kali Pilpres Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi KPU, Seharusnya Malu pada Rakyat

“Ingat, masih 265 juta rakyat kita yang ingin hidup tenang. Kalau hidup tenang, masyarakat tenang, maka ekonomi bisa berjalan dengan baik, tetapi kalau dibuat bising oleh para elite maka yang rugi 265 juta rakyat kita itu yang dampaknya ke ekonomi dan ujungnya kepada penerimaan rumah tangga,” imbau Bamsoet. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo Subianto: Jangan Menakuti - nakuti Kami dengan Senjata


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler