Prancis Susul Brasil dan Belanda ke Perempat Final

Selasa, 01 Juli 2014 – 00:55 WIB
Paul Pogba dari Prancis berebut bola dengan John Obi Mikel pada 16 besar Piala Dunia 2014 di Estadio Nacional, Brasilia, Senin (30/6) malam WIB. Pada pertandingan ini Prancis unggul 2-0. Foto: Getty Images.

jpnn.com - BRASILIA - Prancis memastikan satu tiket ke perempat final Piala Dunia 2014 setelah di babak 16 besar mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0 di Estadio Nacional, Brasilia, Senin (30/6) malam WIB.

Prancis harus berterimakasih kepada Paul Pogba yang menciptakan satu gol di pertandingan ini. Satu gol lainnya lahir lewat gol bunuh diri Joseph Yobo.

BACA JUGA: Lebih Menekan, Nigeria Gagal Cetak Gol ke Gawang Prancis di Babak I

Nigeria sebenarnya tidak tampil babak buruk. Wakil Afrika itu berhasil menguasai pertandingan di babak pertama dengan penguasaan bola hingga 53 persen berbanding 47 persen milik Prancis.

Tim berjuluk Super Eagles itu sebenarnya sempat mencetak gol di menit 19 melalui Emmanuel Emenike. Sayang gol striker yang bermain di Fenerbahce tersebut dianulir karena sudah dalam offside.

BACA JUGA: Bermain di Temperatur 27 Derajat Celcius, Prancis Andalkan Benzema-Giroud

Di babak kedua, pelatih Nigeria, Stephen Keshi melakukan pergantian pemain di menit 59. Keishi memasukkan Reuben Gabriel dan menarik keluar Ogenyi Onazi.

Tiga menit setelahnya giliran Didier Deschamps mengubah komposisi pemain. Deschamps menarik keluar Olivier Giroud dan memasukkan Antoine Griezmann.

BACA JUGA: Inter Milan Pensiunkan Nomor Punggung 4

Pergantian pemain membuat permainan lebih hidup. Menit 64 Odemwingie melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti namun masih bisa diamankan Lloris.

Karim Benzema nyaris membawa Prancis unggul di menit 59. Mendapat ruang tembak di kotak penalti, striker Real Madrid itu berhadapan dengan kiper tapi gol tak juga terjadi.

Laga kian panas saat pertandingan memasuki menit 70. Pemain Nigeria Ambros harus berjalan pincang keluar lapangan dan harus dirawat tim medis.

Menit 77 fans Prancis nyaris merayakan gol saat Johan Cabaye melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi Johan Cabaye kurang beruntung, tendangannya menerpa mistar gawang.

Prancis akhirnya mencetak gol tiga menit kemudian. Berawal dari tendangan sudut Valbuena, kiper Nigeria Enyeama, melakukan sapuan yang tidak sempurna. Bola justru mengarah ke Paul Pogba yang dengan satu sundulan melesakkan bola ke gawang kosong. 1-0 untuk Prancis.

Nigeria yang tersentak dengan gol Pogba mencoba membalas. Namun justru Prancis yang banyak menciptakan peluang mencetak gol. Prancis akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0 setelah Joseph Yobo mencetak gol bunuh diri. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elang Super Bikin Ayam Jantan Keder


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler