Premiere Black Panther, Ini Kata Kritikus dan Sineas

Rabu, 31 Januari 2018 – 09:16 WIB
Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman berpose di pintu masuk ke acara premiere film terbaru Disney tersebut, Senin (29/1). Foto:Reuters

jpnn.com - Kemeriahan menyambut film teranyar Marvel Studios, Black Panther, dimulai. Senin malam (kemarin pagi WIB) rumah produksi yang dinaungi Disney tersebut menggelar world premiere di The Dolby Theatre, Los Angeles.

Teater yang menjadi venue Academy Awards itu disulap bak hutan Wakanda. Para cast dan selebriti yang hadir disambut empat penggawa Dora Milaje –pengawal perempuan Kerajaan Wakanda– yang bersiaga di area karpet ungu.

BACA JUGA: Kejutan Oscars: Wonder Woman Kecele, Logan Bikin Sejarah

Chadwick Boseman, pemeran T’Challa/Black Panther, dan Lupita Nyong’O yang memerankan Nakia menjadi sosok paling ditunggu oleh fans.

Boseman datang lebih dahulu. Dia mengenakan suit Emporio Armani berwarna hitam bermotif emas. Kepada presenter purple carpet, dia menyatakan sangat happy film solo Black Panther akhirnya dirilis.

BACA JUGA: Cetak Rekor, Ini 5 Momen Keren Trailer Perdana Infinity War

’’Ini malam yang epik banget. Jalan ditutup, orang-orang mengenakan kostum ala Afrika, dekorasinya pun mendukung,’’ papar Boseman.

Tidak lama kemudian, Nyong’O menyusul. Dia mengenakan gaun ungu kreasi Atelier Versace yang sangat keren. Dihiasi embellishment yang membentuk kerah dan caped sleeve, serta memanjang hingga ke bagian pinggang.

BACA JUGA: Infinity War Memang Dahsyat, Baru Trailer Sudah Cetak Rekor

''Ini memang terinspirasi karakter Nakia yang merupakan seorang warrior, pejuang perempuan,’’ kata Nyong’O.

Black Panther, menurut Boseman, adalah karakter yang unik, tapi menyenangkan dimainkan. Dia adalah raja Wakanda, tetapi juga seorang superhero.

’’Jadi, dia tidak bisa ngawur dan sok menyelamatkan dunia. Nggak bisa seenaknya bunuh orang. Dia harus selalu memikirkan efek dan konsekuensi tindakannya buat rakyat Wakanda,’’ ulas aktor 40 tahun tersebut.

Gala premiere diikuti skrining terbatas khusus awak pers dan selebriti. Hasilnya? Banyak ulasan positif. Twitter dipenuhi pujian. Kata ’’terbaik’’ dan ’’menakjubkan’’ seakan menjadi kata kunci ulasan pertama Black Panther.

’’Aku enggak ingin film ini berakhir. Aksi yang solid, kisahnya smart, dan setiap karakter menonjol,’’ cuit kritikus Mashable Angie Han.

Jurnalis Los Angeles Times Jen Yamato menegaskan, film yang bakal tayang 16 Februari itu (di Indonesia 14/2) adalah film pertama Marvel yang terasa nyata.

’’Ini adalah film superhero yang menjelaskan bahwa representasi dan identitas itu perlu, serta betapa tragis jika dua hal itu diabaikan,’’ cuitnya.

Black Panther juga dinilai apik lantaran tidak melupakan tokoh selain Black Panther/T’Challa. Banyak karakter lain yang juga dinilai kuat dan membekas.

’’Michael B. Jordan (pemeran Erik Killmonger, Red) adalah salah satu villain terbaik Marvel setelah Loki. Dan, Danai Gurira (pemeran Okoye, pimpinan Dora Milaje) bertarung dengan keren. Aku suka tiap detik aksinya,’’ cuit Steven Weintraub, editor situs Collider.

Pujian serupa buat Killmonger disampaikan kritikus Cinemablend Eric Eisenberg dan Nate Brail dari Heroic Hollywood.

Pujian juga dilontarkan para selebriti dan sineas Hollywood. ’’Black Panther. Sangat bagus. Aku bersorak dan tertawa. Aku nggak pernah melihat film superhero seperti ini. Siapa pun yang terlibat layak mendapat medali dan tos,’’ cuit komedian dan aktor Kumail Nanjiani.

Sineas Ava DuVernay memuji sutradara Ryan Coogler. Dalam cuitannya, DuVernay menceritakan, dirinya sering bekerja di ruangan yang sama dengan Coogler. DuVernay menggarap A Wrinkle in Time dan Coogler menyutradarai Black Panther. Dua film tersebut merupakan proyek Disney.

’’Kami mengedit film bareng selama delapan bulan. Kami banyak ngobrol tentang film dan mimpi kami. Malam ini mimpinya terkabul,’’ cuitnya.

Dengan review awal yang sangat positif itu, Marvel Studios berani menetapkan target box office yang cukup tinggi. Yakni, di kisaran 120 juta (Rp 1,606 triliun) pada akhir pekan perdananya di Amerika Utara.

Target tersebut didasarkan kepada rilisan film superhero adaptasi komik Marvel pada tahun lalu.

’’Jika berhasil mencapai pendapatan di kisaran USD 120 juta, Black Panther bisa bersaing dengan Spider-Man: Homecoming (USD 117 juta/Rp 1,568 triliun) dan Thor: Ragnarok (USD 123 juta/Rp 1,647 triliun),’’ papar kontributor Forbes Scott Mendelson. (fam/c4/na)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Trailer Perdana Infinity War Sukses Bikin Fan Makin Ngiler


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler